Penulis Utama : Wahyuni Purnami
NIM / NIP : T851708009
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran Science Technology Ecocultural Society (STEcS) yang sesuai dengan pembelajaran abad ke-21, mendeskripsikan karakteristik model, kelayakan model, kepraktisan model, dan keefektifan model untuk meningkatkan Eco Critical Thinking Skills pada mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar.
Penelitian pengembangan model STEcS menggunakan metode Research and Development (R&D) menurut 10 tahapan Borg & Gall. Tahapan penelitian pengembangan model STEcS dikelompokkan dalam 4 tahapan utama yaitu 1) pendahuluan, 2) pengembangan model, 3) pengujian model, 4) diseminasi dan implementasi. Analisis pengembangan model dengan menggunakan analisis deskriptif, analisis Rasch model, analisis konstruk dengan CFA dan effect size serta uji signifikan.
Hasil penelitian disimpulkan bahwa 1) model STEcS mempunyai karakteristik pembentukan konsep yang kuat dari hasil pengalaman belajar melalui 5 sintak yang terdiri dari: orientasi, organisasi dan investigasi, aplikasi, pemantapan konsep, dan evaluasi. Model STEcS menekankan pengetahuan yang dapat diaplikasikan pada masyarakat sesuai dengan budaya yang ada di masyarakat. Pembelajaran dengan model STEcS melibatkan mahasiswa secara aktif, kolaboratif, dan menyenangkan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis tentang lingkungan (Eco Critical Thinking Skills), 2) model STEcS yang telah dikembangkan termasuk dalam kategori sangat layak dan praktis pada materi pencemaran dan pengelolaan sampah, 3)  model STEcS yang telah dikembangkan pada materi pencemaran lingkungan dan pengelolaan sampah, merupakan model yang efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis tentang lingkungan (Eco Critical Thinking Skills) berdasarkan hasil analisis taraf sig 0.00 (<0>0,8) dan hasil person ability yang tergolong kategori tinggi dengan rata-rata person ability melebihi rata-rata item pada skala logit, 4) Model STEcS merupakan model yang layak, praktis dan efektif pada materi pencemaran dan pengelolaan sampah bagi mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Kata kunci: model STEcS, keterampilan berpikir kritis tentang lingkungan (Eco critical thinking skills), pencemaran dan pengelolaan sampah.

 

×
Penulis Utama : Wahyuni Purnami
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : T851708009
Tahun : 2021
Judul : Pengembangan Model Science Technology Ecocultural Society (STECS) Untuk Meningkatkan Eco Critical Thinking Skills pada Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Program Studi : S-3 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-T851708009
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Disertasi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ashadi
2. Prof. Drs. Suranto, M.Sc.,Ph.D
Penguji : 1. Dr. Dwi Purnanto, M.Hum
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.