Penulis Utama : Firda Ayu Juniar
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0115044
Tahun : 2021
Judul : Rekrutmen dan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Formasi Khusus Penyandang Disabilitas di Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-D0115044
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Pemerintah Kota Surakarta telah berkomitmen untuk memberikan perhatiannya pada penyandang disabilitas dengan diterbitkannya Peraturan Daerah Surakarta Nomor 2 Tahun 2008 tentang Kesetaraan Difabel. Guna mewujudkan kesetaraan hak ketenagakerjaan bagi penyandang disabilitas, Pemerintah Kota Surakarta menyediakan formasi khusus bagi penyandang disabilitas dalam perekrutan CPNS di Kota Surakarta. Dalam rekrutmen CPNS tahun 2018, Pemerintah Kota Surakarta membuka 5 formasi untuk penyandang disabilitas dari total keseluruhan 461 formasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis rekrutmen dan seleksi CPNS formasi khusus penyandang disabilitas di Kota Surakarta dan menganalisis kesesuaian formasi khusus penyandang disabilitas dalam perekrutan CPNS tahun 2018 di Surakarta dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi Nomor 36 Tahun 2018.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling. Validitas data menggunakan triangulasi sumber, dan analisis data menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rekrutmen dan seleksi CPNS dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu penyusunan strategi untuk merekrut, pencarian pelamar-pelamar kerja, penyisihan pelamar-pelamar yang tidak cocok/ penyaringan, pembuatan kumpulan pelamar, seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar, dan seleksi kompetensi bidang. Teknik yang digunakan oleh Badan Kepegawaian Daerah Kota Surakarta selaku pelaksana rekrutmen dan seleksi CPNS di Kota Surakarta adalah teknik kombinasi yang menggabungkan antara teknik sentralisasi dan teknik desentralisasi. Rekrutmen dan seleksi yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Surakarta telah sesuai dengan aturan yang berlaku yaitu Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 36 Tahun 2018 dengan dilihat dari beberapa aspek yaitu jumlah kuota formasi yang dibuka untuk penyandang disabilitas sebanyak 1?ri total keseluruhan formasi, kewajiban pelamar formasi disabilitas untuk melampirkan surat keterangan dokter yang menerangkan jenis disabilitasnya, dan pendampingan untuk pelamar formasi penyandang disabilitas saat pelaksanaan seleksi kompetensi dasar dan seleksi kompetensi bidang.

Kata kunci: formasi khusus, penyandang disabilitas, rekrutmen, seleksi.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rina H. Haryanti, S.Sos., M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP