Penulis Utama : Erlin Dana Aprilia Giani
NIM / NIP : H3118025
×

Permen jelly merupakan produk kembang gula dengan tekstur kenyal yang terbuat dari campuran gula yang dimasak dengan bahan pembentuk gel dan diberi bahan tambahan sebagai penambah cita rasa dan pewarna. Permen jelly komersial umumnya hanya menambahkan sari buah dengan persentase yang sedikit dan tetap menggunakan essence. Permen jelly tomat-nanas merupakan inovasi kembang gula lunak jelly yang terbuat dari campuran sari buah dan sayur tanpa menggunakan bahan tambahan berupa pewarna, essence, dan pengawet. Permen jelly ini menggunakan sari tomat dan sari nanas asli sebanyak 19,4% sebagai penambah rasa sekaligus pewarna alami serta bahan-bahan lain yaitu gelatin, sukrosa, high fructose syrup, dan asam sitrat. Selain itu, digunakan campuran tepung tapioka dan gula halus (1:1) sebagai bahan pelapis permen jelly tomat-nanas.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui formula permen jelly tomat-nanas terbaik berdasarkan analisis sensoris menggunakan uji perbandingan jamak (Multiple Comparison Test) yang selanjutnya dianalis secara statistik dengan uji ANOVA dan uji duncan pada level "=0,05 atau taraf kepercayaan 95%. Terdapat 5 formula permen jelly yaitu permen jelly dengan rasio sari tomat dan sari nanas (40:60); (50:50); (60:40); (100:0); dan (0:100). Permen jelly tomat-nanas formula terbaik selanjutnya dianalisis secara kimia. Selain itu, analisis secara ekonomi juga dilakukan untuk mengetahui kelayakan usaha produksi permen jelly tomat-nanas jika dijalankan.

Hasil dari penelitian ini antara lain permen jelly dengan rasio sari tomat dan sari nanas (40:60) ditetapkan sebagai formula permen jelly terbaik berdasarkan analisis sensoris, hasil analisis kimia menunjukkan bahwa permen jelly tomat-nanas dengan formula terbaik memiliki kadar air sebesar 19,48 ± 1,125% wb, kadar abu sebesar 1,84 ± 0,235% wb, kadar gula reduksi sebesar 29,02 ± 0,721% wb, kadar sakarosa sebesar 23,12 ± 2,007% wb, dan kadar gula total sebesar 51,97 ± 1,430% wb. Berdasarkan analisis finansial disimpulkan bahwa usaha produksi permen jelly tomat-nanas layak untuk dijalankan dengan nilai Net B/C sebesar 9,35; nilai Gross B/C sebesar 1,30; nilai NPV dengan DF 5% yaitu Rp 318.866.546; dan nilai IRR sebesar 215%.

×
Penulis Utama : Erlin Dana Aprilia Giani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H3118025
Tahun : 2022
Judul : Proses Produksi Permen Jelly Tomat-Nanas
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2022
Program Studi : D-3 Teknologi Hasil Pertanian
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Nanas, Permen jelly, Proses produksi, Tomat
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Setyaningrum Ariviani, S.T.P., M.Sc.
Penguji : 1. Dian Rachmawanti Affandi, S.T.P., M.P.
2. Dr. Ir. Sigit Prabawa, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.