Penulis Utama : Kharisma Rahmayanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3314028
Tahun : 2021
Judul : Analisis Implementasi Kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Surakarta dan B.E. 2551 Di SMA Triam Udomsuksa Pattanakarn Bangkok pada Pembelajaran Kimia Berdasarkan Empat Pilar Pendidikan UNESCO
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K3314028
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan: (1) implementasi Kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Surakarta; (2) implementasi B.E. (Basic Education Core Curriculum) 2551 di SMA Triam Udomsuksa Pattanakarn Bangkok; serta (3) persamaan dan perbedaan implementasinya pada pembelajaran Kimia berdasarkan empat pilar pendidikan UNESCO.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sampel pada penelitian ini adalah SMA Negeri 1 Surakarta dan SMA Triam Udomsuksa Pattanakarn Bangkok. Pemilihan sampel penelitian dilakukan dengan sampling selektif dan terarah. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Validasi data penelitian dilakukan dengan metode triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif dan dikombinasikan dengan analisis komparatif kualitatif (QCA).
Hasil penelitian menunjukkan (1) implementasi Kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Surakarta berdasarkan empat pilar pendidikan UNESCO telah dilaksanakan dengan cukup baik, dimana pada perencanaan dan evaluasi pembelajaran sudah sesuai dengan empat pilar pendidikan UNESCO, sedangkan pada proses pembelajaran, hanya sesuai dengan pilar pendidikan UNESCO yang ketiga dan keempat. (2) Implementasi B.E. 2551 di SMA Triam Udomsuksa Pattanakarn berdasarkan empat pilar pendidikan UNESCO sudah dilaksanakan dengan cukup baik, dimana pada perencanaan dan evaluasi pembelajaran sudah sesuai dengan empat pilar pendidikan UNESCO, sedangkan pada proses pembelajaran, hanya sesuai dengan pilar pendidikan UNESCO yang ketiga dan keempat. (3) Persamaan implementasi Kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Surakarta dan B. E. 2551 di SMA Triam Udomsuksa Pattanakarn terletak pada kesesuaiannya dengan empat pilar pendidikan UNESCO dalam perencanaan dan evaluasi pembelajaran, serta pada proses pembelajaran hanya sesuai dengan pilar pendidikan UNESCO yang ketiga dan keempat, sedangkan untuk perbedaannya adalah pada perencanaan pembelajaran di SMA Triam Udomsuksa Pattanakarn sesuai dengan B. E. 2551, tidak terdapat peraturan mengenai perangkat pembelajaran yang harus dibuat oleh guru dan pada evaluasi pembelajaran terdapat perbedaan pada aspek yang dievaluasi.

Kata Kunci : Basic Education Core Curriculum 2551, empat pilar pendidikan UNESCO, SMA Negeri 1 Surakarta, SMA Triam Udomsuksa Pattanakarn, implementasi, Kurikulum 2013

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. rer.nat. Sri Mulyani, M.Si.
2. Dr. paed. Nurma Yunita Indriyanti, M.Si., M.Sc.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP