Penulis Utama : Misselina Madya Gerda
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8117042
Tahun : 2022
Judul : Pengembangan Aplikasi Sex Kids Education untuk Pendidikan Seks Anak Usia Dini
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Misselina Madya Gerda. PENGEMBANGAN APLIKASI SEX KIDS EDUCATION UNTUK PENDIDIKAN SEKS ANAK USIA DINI. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. September 2021.

            Maraknya kasus kekerasan seksual yang terjadi di Indonesia, menyadarkan banyak elemen masyarakat yang tergerak untuk mengembalikan fungsi pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran aplikasi game edukasi sex kids education berbasis android guna mengetahui kelayakan media aplikasi sex kids education sebagai media pembelajaran dan mengetahui keefektifan media aplikasi sex kids education terhadap pengetahuan pendidikan seks anak usia dini.

            Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D). Prosedur penelitian pengembangan ini mengacu pada model ADDIE adalah singkatan dari (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah anak berusia 5-6 tahun di TK Marsudisiwi Surakarta, TK NDM Sondakan Surakarta, TK Aisyiyah Surakarta, Ahli media, Ahli materi, Ahli informatika dan guru. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan kuesioner skala 4 dengan analisis data yang digunakan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran aplikasi game edukasi sex kids education adalah deskriptif kuantitatif dengan presentase, serta untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran aplikasi game edukasi sex kids education adalah dengan analisis statistik deskriptif.

            Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran berbentuk game edukasi Sex Kids Education berbasis android yang mengimplementasi model ADDIE. Hasil uji kelayakan pada uji skala kecil 75% termasuk dalam kategori layak, uji coba skala besar 77 % termasuk dalam kategori layak. Ahli informatika termasuk kategori sangat layak (100%), Ahli media termasuk kategori sangat layak (98%), Ahli materi termasuk kategori sangat layak (88%), Guru termasuk kategori sangat layak (91%). Hasil Uji kelayakan yeng diperoleh dari rekapitulasi keenam tahapan maka media game edukasi Sex Kids Education berbasis android termasuk dalam kategori sangat layak (88%) untuk digunakan sebagai media pembelajaran pendidikan seks anak usia dini. Hasil uji keefektifan pada nilai pretest diperoleh 45,83 dan post test 66,37 yang berarti terdapat perubahan yang signifikan antara skor pre test dengan skor post test, hasil uji normalitas 0,674 .> 0,05, Hasil uji hipotesis diperoleh nilai signifikan 0,00. Dapat disimpulkan berdasarkan hasil penelitian uji keefektifan maka Aplikasi game edukasi sex kids education layak dijadikan Alat Permainan Edukasi dalam  meningkatkan pengetahuan pendidikan seks anak usia dini.

Kata kunci: pendidikan seks, anak usia dini, game edukasi.

 

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
LAMPIRAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Siti Wahyuningsih, M.Pd
2. Nurul Kusuma Dewi, S.Pd.,M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP