Penulis Utama : Supriyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S841902033
Tahun : 2022
Judul : Nilai Humanisme dan Keadilan dalam Novel Orang-orang Biasa Karya Andrea Hirata dan Selena Karya Tere Liye Serta Pemanfaatannya Sebagai Bahan Ajar Menganalisis Novel
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Kolasi :
Sumber : .
Subyek :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Supriyanto. 2021. Nilai Humanisme dan Keadilan dalam Novel Orang-Orang Biasa Karya Andrea Hirata dan Selena Karya Tere Liye serta Pemanfaatannya seabagai Bahan Ajar Menganalisis Novel. Tesis. Pembimbing: Prof. Dr. Herman J. Waluyo Kopembimbing: Dr. Budhi Setiawan, M.Pd. Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan dan menjelaskan nilai humansime novel Orang-Orang Biasa karya Andrea Hirata dan Selena karya Tere Liye, 2) mendeskripsikan dan menjelaskan nilai keadilan novel Orang-Orang Biasa karya Andrea Hirata dan Selena karya Tere Liye, dan 3) mendeskripsikan dan menjelaskan pemanfaatan nilai humanisme dan keadilan novel Orang-Orang Biasa karya Andrea Hirata dan Selena karya Tere Liye sebagai bahan ajar materi menganalisis novel.

Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif dengan pendekatan teknik analisis konten (content analysis). Teknik analisis konten dalam penelitian ini terdiri atas reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan verifikasi (conclusion drawing/verification). Teknik pengumpulan datanya adalah 1) teknik wawancara mendalam, 2) teknik observasi, dan 3) teknik analisis dokumen. Data-data yang diperoleh tersebut kemudian diuji validitasnya dengan 1) triangulasi data, 2) triangulasi teori, 3) triangulasi metode, dan 4) triangulasi peneliti.

Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) Dalam novel Orang-Orang Biasa karya Andrea Hirata dan Selena karya Tere Liye terdapat ajaran humanisme yang terdiri atas fitrah, hak asasi, perbuatan, dan potensi. 2) Dalam novel Orang-Orang Biasa karya Andrea Hirata dan Selena karya Tere Liye terdapat ajaran keadilan yang terdiri atas distributif, prosedural, dan interaksional. 3) Pemanfaatan hasil penelitian ini sebagai bahan ajar analisis novel KD 3.1 SMA kelas XI dan sebagai salah satu sarana menambah pengetahuan peserta didik khususnya dalam hal nilai humanisme dan keadilan. 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER TESIS SUPRIYANTO.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
GABUNG FIX LAMPIRAN 5-HALAMAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. (EM) Dr. Herman J. Waluyo, M.Pd.
2. Dr. Budhi Setiawan, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP