Penulis Utama : Krisnia Rahayu
NIM / NIP : B0217035
×

Krisnia Rahayu. B0217035. 2021. Unsur-unsur dan Hubungan antarunsur dalam Novel Cantik itu Luka Karya Eka Kurniawan (Tinjauan Strukturalisme Robert Stanton). Skripsi. Program Studi Sastra Indonesia. Fakultas Ilmu Budaya. Universitas Sebelas Maret.

 

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana deskripsi unsur-unsur dalam novel Cantik itu Luka karya Eka Kurniawan. 2) Bagaimana hubungan antarunsur dalam novel Cantik itu Luka karya Eka Kurniawan. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan unsur-unsur dalam novel Cantik itu Luka karya Eka Kurniawan; 2) mendeskripsikan hubungan antarunsur dalam novel Cantik itu Luka karya Eka Kurniawan.

Metode penelitian ini yang digunakan adalah penelitian kualitatif objektif. Objek material pada penelitian ini adalah novel Cantik itu Luka karya Eka Kurniawan. Objek formalnya adalah unsur-unsur dan hubungan antarunsur dalam novel Cantik itu Luka. Data primer dalam penelitian ini adalah narasi teks yang dalam bentuk formalnya akan berupa kata, kalimat, dan wacana pada penelitian ini adalah semua informasi yang berkaitan dengan penelitian, yaitu tentang struktur novel Cantik itu Luka. Sumber data pada penelitian ini berasal dari novel Cantik itu Luka dengan jumlah halaman 505 dan dari internet yang berkaitan dengan topik penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak dan catat. Simpulan diambil dari hasil paparan pembahasan yang secara menyeluruh tentang aspek-aspek yang diteliti dalam novel Cantik itu Luka.

Berdasarkan analisis menggunakan teori strukturalisme Robert Stanton, simpulan penelitian ini adalah Dari segi struktur maka Cantik itu Luka itu tidak sama dengan novel-novel lainnya. Novel lainnya yang biasanya menggunakan alur maju akan tetapi novel Cantik itu Luka menggunakan alur mundur atau sorot balik. Novel ini memiliki karakter-karakter yang menghidupkan cerita, dan memiliki latar yang bervariasi. Hubungan antarunsur yang terdapat dalam novel ini yaitu ada keterikatan yang sangat kuat antara fakta cerita dan tema, juga tema dengan sarana sastra.

×
Penulis Utama : Krisnia Rahayu
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0217035
Tahun : 2022
Judul : Unsur-Unsur dan Hubungan Antarunsur dalam Novel Cantik itu Luka Karya Eka Kurniawan (Tinjauan Strukturalisme Robert Stanton)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2022
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kata Kunci: Cantik itu Luka, unsur-unsur dan hubungan antarunsur
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Bagus Kurniawan, S.S., M.A.
Penguji : 1. Dra. Murtini, M.S
2. Rianna Wati, S.S., MA.
3. Bagus Kurniawan, S.S., M.A.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.