Penulis Utama : Alifi Kurnia Dzulhijjah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6417002
Tahun : 2022
Judul : Analisis Pembentukan Sikap Integratif Melalui Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran PPKN
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Kolasi :
Sumber : .
Subyek :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Alifi Kurnia Dzulhijjah. K6417002. ANALISIS PEMBENTUKAN SIKAP INTEGRATIF MELALUI PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN PPKN. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret, Agustus 2021

            Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis pembentukan sikap integratif pada peserta didik yang dilaksanakan melalui pembelajaran daring dengan KD. 3.5 Mengidentifikasi faktor-faktor pembentuk integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika di mata pelajaran PPKn kelas X SMA.

            Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitan kualitatif, langkah-langkahnya yakni Persiapan, Pengumpulan Data, Analisis Data, dan Penyusunan Laporan Penelitian. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif. Sumber data dalam penelitian adalah Guru SMA Negeri Gondangrejo, peserta didik dan perangkat pembelajaran yang digunakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuisioner, dan studi dokumen. Uji validitas data meggunakan teknik Triangulasi. Analisis data dalam penelitian berupa angka yang dianalisis menggunakan statistik deskriptif yang penyajiannya dalam bentuk prosentase sedangkan untuk data kualitatif disajikan berupa paparan data yang kemudian ditarik kesimpulan.

Hasil penelitian ini yakni menemukan bahwa Pembelajaran KD 3.5 mampu mencapai sikap KD 2.5 dalam ranah penilaian sikap peserta didik. Hal ini ditunjukkan dengan hasil angket bahwa responden telah menguasai pernyataan-pernyataan yang diberikan dan memberikan respon yang positif terhadap tindakan yang dipilih. Adapun terkait perencanaan dan pengembangan pada pembelajaran secara daring dalam membentuk sikap kerja sama sebagai bentuk integrasi nasional ditemukan masih diperlukan adanya upaya yang lebih agar peserta didik semakin memahami dan menguasai materi pembelajaran yang disampaikan. Hal ini ditunjukkan dengan hasil angket bahwa responden masih belum bisa sepenuhnya memahami dan menerima pembelajaran secara efektif sebab kurangnya persiapan rancangan pembelajaran.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Pengesahan alifi.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
LAMPIRAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Drs. Machmud Al Rasyid, S.H., M.Si.
2. Dr. Moh. Muchtarom, S.Ag., M.Si.
Catatan Umum : -
Fakultas : Fak. KIP