Penulis Utama : Fajar Aria Abidhin
NIM / NIP : K4616037
×

Fajar Aria Abidhin. K4616037. SURVEI TENTANG SARANA DAN PRASARANA PJOK DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA ERA COVID-19 DI SEKOLAH DASAR NEGERI Se-KECAMATAN GONDANG KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keolahragaan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2021.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keadaan sarana dan prasarana PJOK dalam pembelajaran daring pada era covid-19 di SD Negeri se- Kecamatan Gondang, Kabupaten Sragen Tahun 2020/2021.

Desain penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yang akan menggambarkan objek yang akan diteliti. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Gondang Kabupaten Sragen Tahun 2020. Pengumpulan data dalam penelitian studi tentang keadaan sarana dan prasarana Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) SD Negeri se- Kecamatan Gondang Kabupaten Sragen ini meliputi observasi, pedoman wawancara dan observasi. Teknik analisis data menggunakan rumus deskriptif prosentase yang dilakukan dengan cara membagi jumlah skor yang diperoleh dengan skor ideal dan dikalikan dengan 100%. Prosedur penelitian meliputi tahap penelitian, tahap penyusunan proposal, tahap penyiapan instrumen, tahap pengambilan data, tahap analisis data, tahap pelaporan.

Hasil analisis data dapat disampaikan sebagai berikut, yaitu: (1) sarana dan prasarana yang layak digunakan dan termasuk dalam kategori sangat baik adalah Whatsapp Group, penggunaan Link Youtube dan Google Classroom termasuk sarana layak digunakan tetapi perlu adanya perubahan, sedangkan sarana dan prasarana yang tidak layak digunakan dan termasuk dalam kategori buruk sekali adalah Zoom Apps; (2) interaksi dalam pembelajaran daring PJOK secara keseluruh sudah efektif; (3) adanya hambatan-hambatan yang terjadi selama pelaksanaan pembelajaran daring, yaitu, pembelajaran kurang efektif, adanya keterbatasan sarana dan prasarana, sulitnya peserta didik memahami penjelasan dari guru, terkendala sinyal, antusias siswa kurang, terkendala alat yang digunakan untuk berkomunikasi, dan kurangnya pengawasan orang tua; (4) harapan kedepan terhadap pelaksanaan pembelajaran daring PJOK, yaitu segera dilaksanakan kembali pembelajaran tatap muka, pembelajaran daring dilaksanakan dengan cara berkunjung ke rumah peserta didik dengan kelompok kecil (3-5 anak), sistem pelaksanaan pembelajaran daring lebih diperbaiki, dengan dilaksanakannya pembelajaran daring diharapkan adanya pembaharuan kurikulum yang sesuai dengan keadaan saat ini, sarana dan prasarana perlu ada perbaikan, kepedulian orang tua sangat dibutuhkan, kekompakan tenaga pendidik perlu ditingkatkan, pembelajaran daring dilaksanakan dengan tetap adanya pantauan, dan peserta didk diharapkan lebih aktif.

 

×
Penulis Utama : Fajar Aria Abidhin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4616037
Tahun : 2022
Judul : “Survei Tentang Sarana dan Prasarana PJOK Dalam Pembelajaran Daring Pada Era COVID-19 di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Gondang Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2020/2021”
Edisi :
Imprint : - - Fak. Keolahragaan - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : .
Kata Kunci : Sarana dan prasarana, Pembelajaran daring, Sekolah Dasar
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : http://-
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Agus Mukholid, M.Pd.
Penguji : 1. Drs. Sunardi M. kes
Catatan Umum : Selama ada niat dan keyakinan semua akan jadi mungkin
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.