Penulis Utama : M. Hafid Hizbullah
NIM / NIP : K4612091
×

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik kasar pada siswa kelas 2 SDN 1 Ketileng Kecamatan Malo Kabupaten Bojonegoro 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas 2 SDN 1 Ketileng yang berjumlah 21 siswa yang terdiri dari 11 siswa putra dan 10 siswa putri. Sumber data berasal dari peneliti, kolaborator dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan Tes dan observasi. Validitas data dalam menggunakan teknik triangulasi sumber. Analisis data menggunakan teknik analisis deskripsi.
Pembelajaran menggunakan permainan sederhana dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar pada siswa kelas 2 SDN 1 Ketileng tahun pelajaran 2019/2020. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan yang signifikan dari data awal, siklus I dan siklus II. Berdasarkan data hasil observasi kondisi awal, siklus I dan siklus II, tiap indikator capaian dengan KKM 75 terjadi peningkatan sebagai berikut. Pada kondisi awal keterampilan motorik kasar pada kategori Baik sebesar 4,76% atau 1 peserta didik, Cukup sebesar 33,34% atau 7 peserta didik, Kurang sebesar 47,62% atau 10 peserta didik, Kurang Sekali sebesar 14,28% atau
3 peserta didik, jumlah siswa yang tuntas adalah 8 siswa. Pada siklus I keterampilan motorik kasar anak pada kategori Baik sebesar 4,76%, Cukup sebesar 61,91%, Kurang sebesar 28,57% dan kurang Sekali sebesar 4,76%, jumlah siswa yang tuntas adalah 14 siswa. Sedangkan pada siklus II keterampilan motorik kasar pada kategori Baik Sekali sebesar 4,76%, Baik sebesar 19,05%, Cukup sebesar 61,91% dan Kurang sebesar 14,28%, jumlah siswa yang tuntas adalah 18 siswa.
Peningkatan terjadi pada siklus I dan siklus II setelah diberikan tindakan dengan menggunakan Permainan Sederhana. Hasil pembelajaran keterampilan motorik meningkat walaupun belum optimal. Pelaksanaan siklus II menyebabkan keterampilan motorik kasar meningkat menjadi lebih baik dan tercipta proses pembelajaran yang lebih aktif, efektif, efisien, dan menyenangkan sehingga mendukung suatu proses pembelajaran yang berkualitas.
Kesimpulan penelitian ini adalah dengan permainan sederhana dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar pada siswa kelas 2 SDN 1 Ketileng Kecamatan Malo Kabupaten Bojonegoro Tahun Pelajaran 2019/2020.

Kata Kunci : Keterampilan Motorik Kasar, Siswa Kelas 2, Permainan Sederhana.

 

×
Penulis Utama : M. Hafid Hizbullah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4612091
Tahun : 2021
Judul : Upaya Peningkatan Keterampilan Motorik Kasar Melalui Permainan Sederhana pada Siswa Kelas 2 SDN 1 Ketileng Kecamatan Malo Kabupaten Bojonegoro Tahun Pelajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keolahragaan - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Keolahragaan-K4612091
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rony Syaifullah, S.Pd., M.Pd
2. Pomo Warih Adi, S.Pd., M.Or
Penguji : 1. Dr. Sri Santoso Sabarini, M.Or
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.