Penulis Utama : Lidia Aprileny Hutahaean
NIM / NIP : S991708008
×

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk 1) menganalisis kondisi pembelajaran Ekonomi di SMA Negeri 6 Kota Pematangsiantar, 2) menguji kelayakan e-module ¬interaktif berorientasi Contextual Teaching and Learning digunakan pada pembelajaran Ekonomi kelas X SMA Negeri 6 Pematangsiantar, dan 3) menguji keefektifan e-module interaktif berorientasi Contextual Teaching and Learning untuk meningkatkan hasil belajar Ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 6 Pematangsiantar.
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada alur model pengembangan 4-D oleh Thiagarajan, dkk. Sampel pengembangan meliputi sampel validasi produk sebanyak 4 validator, sampel uji coba terbatas sebanyak 10 siswa, sampel uji coba luas sebanyak 23 siswa, dan sampel uji keefektifan sebanyak 29 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, angket (kuesioner), dan tes. Uji keefektifan produk menggunakan one group pretest-posttest design. Data hasil belajar kognitif dihitung dengan gain ternormalisasi dan dianalisis menggunakan aplikasi SPSS 23 yang terdiri atas uji normalitas, uji homogenitas, uji paired sample t-test, sedangkan hasil belajar afektif dan psikomotorik hanya dihitung persentase ketercapaiannya.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) pembelajaran Ekonomi di SMA Negeri 6 kota Pematangsiantar masih berpusat pada guru dan hanya berpedoman pada buku teks terbitan Erlangga, 2) kelayakan e-module interaktif yang dikembangkan mendapatkan skor rata-rata sebesar 4,33 dan termasuk dalam kategori sangat baik, dan 3) pencapaian hasil belajar kognitif mengalami peningkatan yang signifikan dalam kategori tinggi, Keefektifan e-module interaktif berorientasi Contextual Teaching and Learning juga didukung oleh ketercapaian hasil belajar afektif dan psikomotorik siswa yang diperoleh melalui observasi pada proses pembelajaran Ekonomi menggunakan produk. Hasil penilaian aspek afektif dan psikomotorik berada pada kategori sangat baik dan baik.

Kata kunci: E-Module Interaktif, Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar Ekonomi

 

×
Penulis Utama : Lidia Aprileny Hutahaean
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S991708008
Tahun : 2021
Judul : Pengembangan e-Module Interaktif Berorientasi Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa SMA Negeri 6 Kota Pematangsiantar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Program Studi : S-2 Pendidikan Ekonomi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-S991708008
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Siswandari, M.Stats
2. Dr. Harini, M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Kristiani, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.