Penulis Utama : Fitria Ramadhanty Kusumaningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3116027
Tahun : 2021
Judul : Pengembangan Aplikasi Konseling Berbasis Line Untuk Peserta Didik SMA di Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K3116027
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan Aplikasi Konseling Berbasis LINE untuk Peserta Didik SMA di Surakarta berdasarkan hasil kajian empirik dan kajian teoritik yang siap di uji validitas, kepraktisan, dan keefektifannya. Penelitian ini menggunakan metode  penelitian dan pengembangan (Research and Development) desain Plomp, yang dibagi menjadi tiga tahapan yaitu Preliminary research, Prototyping dan Assesment Phase. Peneliti melakukan penelitian ini sampai pada tahap prototyping phase.  Peneliti menyebarkan angket yang berkaitan dengan kebutuhan peserta didik SMA di Surakarta. Selain itu,peneliti melakukan wawancara dengan 3guru BK SMA di Surakarta.
Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah sebagai berikut. Pertama, kajian empirik yang berkaitan dengan kebutuhan layanan BK peserta didik SMA di Surakarta yaitu Bidang Pribadi-sosial sejumlah 141 responden (68,4%), Bidang Belajar sejumlah 117 responden (61%), Bidang Karier sejumlah 126 responden (57,5%). Selain itu, peneliti juga menyebar angket yang berkaitan dengan kebutuhan konseling online berbasis aplikasi LINE sejumlah 162 responden dengan persentase 78,3%. Kedua, kajian teoritik yang didapatkan melalui studi literatur yaitu mengenai pengertian konseling online, jenis-jenis konseling online, proses konseling online, perkembangan LINE, fitur-fitur LINE,  pengertian peserta didik, karakteristik umum perkembangan peserta didik, tugas-tugas perkembangan peserta didik SMA.
Berdasarkan kajian empirik dan teoritik di atas, penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk berupa Fitur Konten Konseling Berbasis Aplikasi LINE bagi peserta didik SMA di Surakarta dan Panduan Penggunaan KODALINE bagi guru BK dan peserta didik SMA di Surakarta yang siap untuk di uji secara validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Panduan tersebut terdiri dari dua buku yaitu (1) Buku Panduan bagi Guru BK, dan (2) Buku Panduan bagi Peserta Didik. Peneliti merekomendasikan bagi peneliti selanjutnya untuk melanjutkan penelitian dan pengembangan aplikasi konseling berbasis LINE ini hingga tahap uji validitas, kepraktisan,dan keefektifan agar produk bisa digunakan untuk memberikan layanan BK di sekolah.

Kata kunci: konseling online, LINE, peserta didik.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Agus Tri Susilo, S.Pd., M.Pd
2. Dr. Ribut Purwaningrum, S.Pd., M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP