Penulis Utama : Santi Oktavia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S841908018
Tahun : 2021
Judul : Tindak Tutur Ilokusi Dalam Video Interaktif Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA (Studi Kasus di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-S841908018
Subyek : -
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan bentuk tindak tutur ilokusi dalam video interaktif pembelajaran bahasa Indonesia di SMA, 2) mengetahui keefektifan tindak tutur ilokusi dalam video interaktif pembelajaran menulis surat lamaran pekerjaan di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta.
Bentuk penelitian ini adalah mix metods.  Strategi penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Sumber data penelitian ini adalah dokumen video interaktif pembelajaran bahasa Indonesia di SMA dan informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi dan wawancara. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi teori dan triangulasi sumber data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data interaktif.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa 1) bentuk tindak tutur ilokusi berupa direktif yang terdiri dari meminta, perintah, memesan, dan pemberian saran; bentuk deklaratif yaitu kewenangan institusional dan pernyataann; representatif yang terdiri dari pernyataan fakta, pendeskripsian, penegasan, dan kesimpulan; ekspresif yang terdiri dari menyukai, sengsara, kesulitan, senang, marah, dan sedih; komisif terdiri dari ikrar, janji, dan penolakan; 2) berdasarkan hasil wawancara guru, peserta didik, dan waka humas bawasannya tindak tutur ilokusi dapat meningkatkan daya pemahaman peserta didik. Hal tersebut diperkuat dengan hasil belajar peserta didik dalam menulis surat lamaran pekerjaan yakni memperoleh skor total 2868 dengan jumlah 31 peserta didik, sehingga memiliki rata-rata sebesar 92,5. Kemudian, tindak tutur ilokusi yang dominan dalam materi surat lamaran pekerjaan adalah tindak tutur direktif dengan jumlah 10 data dan tindak tutur komisif dengan 5 data. Dengan demikian, tindak tutur ilokusi dalam video interaktif pembelajaran menulis surat lamaran pekerjaan di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta dapat dikatakan efektif.

Kata kunci: keefektifan, tindak tutur ilokusi, video interaktif, pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd.
2. Dr. Budhi Setiawan, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana