Penulis Utama : Pelangi Mutia Windya
NIM / NIP : K1317054
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 4 Seluma tahun ajaran 2020/2021 materi program linear bagi peserta didik dengan gaya kognitif field independent (FI), dan  (2) Kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 4 Seluma tahun ajaran 2020/2021 materi program linear bagi peserta didik dengan gaya kognitif Field Dependent (FD).

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan prosedur pemilihan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian adalah 6 peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 4 Seluma tahun ajaran 2020/2021, yaitu terdiri 3 peserta didik dengan gaya kognitif strongly field independent (FI) dan 3 peserta didik dengan gaya kognitif strongly field independent (FD). Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan metode observasi, wawancara berbasis tugas, dan tes tertulis. Validasi data yang digunakan adalah triangulasi waktu, dan analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan gaya kognitif field independent (FI) pada materi program linear sebagai berikut; (1) Terdapat 1 subjek mampu memenuhi 5 indikator, yaitu merumuskan pokok-pokok permasalahan, mengungkap semua fakta yang ada, memilih argumen yang logis, relevan, dan akurat, mendeteksi bias dengan sudut pandang yang berbeda dan menarik kesimpulan, (2) Terdapat 2 subjek mampu memenuhi 3 indikator, yaitu merumuskan pokok-pokok permasalahan, mengungkap semua fakta yang ada, dan mendeteksi bias dengan sudut pandang yang berbeda. Dalam menyelesaikan permasalahan peserta didik dengan gaya kognitif field independent (FI) cenderung menjawab dengan teratur, sistematis, namun kurang teliti. Kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan gaya kognitif field dependent (FD) mampu memenuhi 1 indikator, yaitu merumuskan pokok-pokok permasalahan. Dalam menyelesaikan permasalahan peserta didik gaya kognitif field dependent (FD) cenderung menjawab dengan tidak teratur, serta memiliki motivasi rendah terhadap matematika.

Kata kunci: Berpikir kritis, Gaya kognitif, Field independent, Field dependent

×
Penulis Utama : Pelangi Mutia Windya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1317054
Tahun : 2022
Judul : Analisis Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Program Linear Ditinjau dari Gaya Kognitif Peserta Didik Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 4 Seluma Tahun Ajaran 2020/2021
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS
Kata Kunci : Berpikir kritis, Gaya kognitif, Field independent, Field dependent
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Triyanto, S.Si., M.Si.
2. Yemi Kuswardi, S.Si., M.Pd.
Penguji : 1. Sutopo, S.Pd., M.Pd.
2. Arum Nur Wulandari, S.Pd., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.