Penulis Utama : Jonanda Fattah Anugerah
NIM / NIP : K4317033
×

ABSTRAK

Jonanda Fattah Anugerah. ANALISIS KEBUTUHAN DAN DESAIN MEDIA E-LEARNING  PTERIDOPHYTA UNTUK SEKOLAH MENENGAH ATAS. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret, Juli 2021.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis kelebihan dan kekurangan media-media pembelajaran materi Pteridophyta yang dipakai di SMA. (2) menganalisis kebutuhan media pembelajaran e-learning Pteridophyta di SMA, (3) mengembangkan desain media pembelajaran berbasis e-learning materi Pteridophyta.
Penelitian ini menggunakan desain mixed method dengan model concurrent triangulation. Penelitian ini dibagi menjadi dua tahap, tahap pertama adalah analisis kelebihan dan kekurangan media-media pembelajaran materi Pteridophyta yang dipakai di SMA dan analisis kebutuhan media pembelajaran berbasis e-learning materi Pteridophyta di SMA, tahap kedua adalah pengembangan desain media pembelajaran berbasis e-learning materi Pteridophyta. Populasi penelitian adalah 2318 orang siswa kelas X dan kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Karanganyar, SMA Negeri 2 Karanganyar, dan SMA Negeri Karangpandan dan enam orang guru Biologi kelas X dan kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Karanganyar, SMA Negeri 2 Karanganyar, dan SMA Negeri Karangpandan. Teknik pengambilan sampel penelitian adalah purposive sampling dan stratified random sampling. Sampel penelitian adalah 246 orang siswa kelas X dan kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Karanganyar, SMA Negeri 2 Karanganyar, dan SMA Negeri Karangpandan dan enam orang guru Biologi SMA Negeri 1 Karanganyar, SMA Negeri 2 Karanganyar, dan SMA Negeri Karangpandan. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data kualitatif dengan sistematik literatur review sedangkan teknik pengumpulan data kuantitatif dengan angket. Teknik analisis data kualitatif dengan analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif dengan Permodelan Rasch menggunakan Winsteps versi 3.73.
Penelitian ini menghasilkan sebuah framework atau prototype media pembelajaran berbasis e-learning dalam bentuk website pembelajaran yang diberi nama PTERISITE (Pteridophyte Website) yang dikembangkan berdasarkan hasil analisis kelebihan dan kekurangan media-media pembelajaran materi Pteridophyta yang dipakai di SMA dan hasil analisis kebutuhan media pembelajaran e-learning pterydophyta di SMA. PTERISITE diharapkan dapat memfasilitasi siswa dan guru untuk menyelesaikan permasalahan pembelajaran materi Pteridophyta dan memberikan pengalaman belajar pada materi Pteridophyta.

×
Penulis Utama : Jonanda Fattah Anugerah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4317033
Tahun : 2021
Judul : Analisis Kebutuhan dan Desain Media E-Learning Materi Pteridophyta Untuk Sekolah Menengah Atas
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Analisis kebutuhan, Media e-learning, Website pembelajaran, PTERISITE, Materi Pteridophyta
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Murni Ramli, S.P., M.Si., Ed.D.
2. Dewi Puspita Sari, S.Pd., M.Sc
Penguji : 1. Puguh Karyanto, S.Si., M.Si., Ph.D.
2. Alanindra Saputra, S.Pd., M.Sc.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.