Penulis Utama : Kusnia Patmawati
NIM / NIP : K4317035
×

Kusnia Patmawati. PENGEMBANGAN MEDIA WEBSITE BIOENIAL (BIOLOGY ELECTRONIC ACTIVITY-BASED LEARNING) BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. November 2021

              Tujuan Penelitian ini adalah (1) mengetahui produk media website Bioenial berbasis KPS yang dikembangkan pada materi sistem pernapasan, (2) mengetahui kelayakan produk pengembangan media website Bioenial berbasis KPS digunakan dalam kegiatan pembelajaran materi sistem pernapasan, (3) mengetahui respon siswa dan guru terhadap media website Bioenial berbasis KPS pada materi sistem pernapasan, (4) mengetahui ketercapaian KPS pada materi sistem pernapasan dengan menggunakan website Bioenial berbasis KPS, (5) mengetahui KPS yang dapat diterapkan pada media website Bioenial materi sistem pernapasan.

              Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (RnD). Penelitian dilaksanakan dengan model ADDIE. Subjek penelitian adalah 3 validator ahli media, 1 validator ahli materi, 1 validator ahli pembelajaran, 2 guru biologi dan 70 siswa dari kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Teras, Boyolali. Teknik pengumpulan data adalah angket validasi, angket respon guru dan siswa serta lembar observasi. Analisis data dengan menggunakan teori klasik dan model rasch.

            Hasil penelitian menunjukan bahwa Website bioenial berbasis KPS dikembangkan berdasarkan materi sistem pernapasan yang diajarkan pada kelas XI untuk jurusan MIPA. Website Bioenial memiliki kelebihan dalam memberdayakan KPS siswa melalui kegiatan pengalaman belajar. Hasil validasi website bioenial oleh ahli materi (96%), ahli media (95,68%) dan ahli pembelajaran (89,1%) dinyatakan sangat layak. Hasil respon guru dan siswa menunjukan bahwa website bioenial mendapatkan respon sangat baik digunakan sebagai media pembelajaran biologi untuk memberdayakan KPS pada materi sistem pernapasan. Ketercapaian KPS siswa pada materi sistem pernapasan tinggi sebesar 91%. KPS sistem pernapasan terdiri dari mengamati, mengukur, mengomunikasikan, mengajukan pertanyaan, dan menerapkan konsep. KPST terdiri dari mengontrol variabel, merumuskan hipotesis, merancang percobaan, menafsirkan data, menggunakan alat atau bahan, dan melaksanakan percobaan. Kesimpulan penelitian ini adalah pengembangan Website bioenial berbasis KPS pada materi sistem pernapasan dinyatakan sangat layak digunakan dan mendapatkan respon baik oleh guru dan siswa. 

×
Penulis Utama : Kusnia Patmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4317035
Tahun : 2022
Judul : Pengembangan Media Website Bioenial (Biology Electronic Activity-Based Learning) Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Materi Sistem Pernapasan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Website bioenial, KPS, sistem pernapasan
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Bowo Sugiharto, S.Pd., M.Pd.
2. Dr. Meti Indrowati, S.Si., M.Si.
Penguji : 1. Dr. Harlita, S.Si., M.Si
2. Dewi Puspita Sari, S.Pd., M.Sc
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.