Penulis Utama : M. Sigit Permadi
NIM / NIP : S881802001
×

M. Sigit permadi. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Android PBL-GIS Berbasis Geoliteracy Untuk Meningkatkan Spatial Thinking SMA Kelas X Materi DAS dan Banjir. Tesis. Pembimbing 1: Dr. Sarwono M.Pd. Pembimbing 2: Dr. Yasin Yusup M.Si. Program Studi Magister Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui kebutuhan siswa-guru terhadap media pembelajaran aplikasi android PBL-GIS berbasis geoliteracy materi DAS dan banjir pada mata pelajaran geografi untuk siswa kelas X di SMA Negeri 3 Kota Surakarta saat pandemi COVID 19. 2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran aplikasi android PBL-GIS berbasis geoliteracy materi DAS dan banjir pada mata pelajaran geografi untuk siswa kelas X SMA Negeri 3 Surakarta saat pandemi COVID 19. 3) Mengetahui efektivitas media pembelajaran aplikasi android PBL-GIS berbasis geoliteracy dibandingkan dengan PBL tanpa GIS terhadap spatial thinking pada materi DAS dan banjir mata pelajaran geografi untuk siswa kelas X SMA Negeri 3 Surakarta pada saat pandemi COVID 19. Model yang digunakan adalah ADDIE terdiri 5 tahap yaitu 1) Analyze 2) Design 3) Development 4) Implementation 5) Evaluation. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis kelayakan aplikasi android berdasarkan kriteria dan analisis tes spatial thinking melalui t-test pretes postes design.

Hasil penelitian disimpulkan bahwa 1) Hasil analisis kebutuhan siswa dan guru dapat diketahui bahwa pertama, tes pemahaman geoliteracy siswa-guru masuk kategori rendah atau belum maksimal artinya siswa dan guru masih belum mengenal geoliteracy dengan baik sehingga pembelajaran GIS tidak pernah dilakukan. Melalui penerapan media pembelajaran aplikasi android PBL-GIS dapat mengenalkan geoliteracy dalam pelajaran geografi  Kedua, mayoritas tes spatial thinking siswa memiliki nilai rendah. Artinya siswa belum menguasai materi DAS dam banjir sehingga perlu bantuan media pembelajaran berbasis PBL-GIS yang dapat meningkatkan spatial thinking. Ketiga beberapa siswa memiliki kendala belajar selama pandemi COVID 19 salah satunya adalah tidak adanya perangkat GIS yang memadai seperti komputer. Melalui media pembelajaran aplikasi android PBL-GIS dapat digunakan dimana saja dan kapan saja dengan terbatasnya sumberdaya.rangkuman, bahasa sesuai huruf, tipe huruf times new roman dan praktik overlay. 2) Hasil uji kelayakan ketiga komponen terdiri dari materi, kebahasaan, dan desain media pembelajaran aplikasi android PBL-GIS sangat layak untuk digunakan namun dengan revisi sesuai saran para ahli. Sedangkan hasil uji coba siswa satu-satu dan kelompok kecil menunjukkan kriteria baik. 3) Tidak terdapat perbedaan media pembelajaran aplikasi android PBL-GIS berbasis geoliteracy dengan dibandingkan dengan PBL tanpa GIS  saat pandemi COVID 19. dengan rumus Man Whitney-test sebesar 0,19 > 0,05 yang berarti Ho diterima.

 

Kata Kunci : COVID 19, Geoliteracy, PBL-GIS ,Spatial thinking

×
Penulis Utama : M. Sigit Permadi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S881802001
Tahun : 2022
Judul : Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Android PBL-GIS Berbasis Geoliteracy Untuk Meningkatkan Spatial Thinking SMA Kelas X Materi DAS dan Banjir
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-2 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kata Kunci : COVID 19, Geoliteracy, PBL-GIS ,Spatial thinking
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sarwono, M.Pd
2. Dr. Yasin Yusup, M.Si
Penguji : 1. Prof. Dr. Chatarina Muryani, M.Si
2. Dr. Ahmad, M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.