Penulis Utama : Zhahrul Setyawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0317116
Tahun : 2021
Judul : Pengaruh Literasi Keuangan dan Usia Pemilik terhadap Kinerja UMKM pada Masa Pandemi COVID-19
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS
Subyek :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh literasi keuangan dan usia pemilik terhadap kinerja UMKM pada masa pandemi Covid-19. Obyek penelitian ini adalah pelaku UMKM yang ada di kota Surakarta yang memiliki keragaman jenis usaha.

Populasi pada penelitian ini adalah seluruh UMKM yang berada di kota Surakarta. Sampel untuk penelitian ini berjumlah 103 yang diperoleh dari penyebaran kuesioner secara langsung dan melalui media sosial. Dalam penelitian ini terdapat tiga jenis variabel yaitu variabel dependen, variabel independen dan variabel kontrol. Variabel dependen pada penelitian ini adalah kinerja UMKM, variabel independennya adalah literasi keuangan dan usia pemilik. Lalu untuk variabel kontrol adalah usia usaha dan pendidikan pemilik. Pengujian pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan program SPSS versi 25.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan memiliki pengaruh positif, sementara usia pemilik memiliki pengaruh negatif terhadap kinerja UMKM pada masa pandemi Covid-19. Untuk variabel kontrol, usia usaha dan pendidikan pemilik tidak berpengaruh terhadap kinerja UMKM pada masa pandemi Covid-19.

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen : BAB IV.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
COVER.pdf
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Evi Gantyowati, M.Si., Ak.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis