Penulis Utama : Shofia Nur Mutmainnah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4317061
Tahun : 2022
Judul : Analisis Profil Pemahaman Siswa dan Guru Terkait Konsep Biokonservasi Tumbuhan Langka Indonesia
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Kolasi :
Sumber : UNS
Subyek :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Shofia Nur Mutmainnah. ANALISIS PROFIL PEMAHAMAN SISWA DAN GURU TERKAIT KONSEP BIOKONSERVASI TUMBUHAN LANGKA INDONESIA. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, September 2021.                                                     

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui profil pemahaman siswa SMA mengenai konsep biokonservasi tumbuhan langka di Indonesia, (2) mengetahui profil pemahaman guru terkait konsep biokonservasi tumbuhan langka di Indonesia.             

Metode yang digunakan adalah Mixed Method dengan desain Concurrent Triangulation. Populasi pada penelitian ini adalah 4.531 siswa kelas X dan kelas XI pada dua SMA Negeri di Surakarta, dua SMA Negeri di Sukoharjo, dan dua SMA Negeri di Karanganyar serta guru biologi di SMA tersebut. Sampel yang digunakan adalah 264 siswa dan 12 guru biologi SMA. Teknik sampling yang digunakan adalah stratified random sampling. Pengambilan data dengan menggunakan angket, meliputi angket sikap secara umum, angket aksi nyata, angket motivasi, dan angket tes pemahaman. Teknik analisis data kualitatif dengan deskriptif kualitatif. Teknik analisis data kuantitatif dengan menggunakan analisis Rasch dengan bantuan software Winsteps versi 3.73 dan analisis statistik deskriptif untuk mengetahui profil pemahaman.                                                                        

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 97% siswa dan 100% guru menunjukkan sikap kepedulian yang tinggi terhadap kegiatan biokonservasi tumbuhan langka, 95% siswa dan 83% guru memiliki motivasi yang baik, 24% siswa dan 31% guru sudah melakukan aksi nyata, dan 59% siswa dan 70% guru memiliki pengetahuan yang baik terkait biokonservasi tumbuhan langka. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa dan guru sudah menunjukkan sikap kepedulian yang tinggi, motivasi yang baik, dan pengetahuan mengenai biokonservasi tumbuhan langka yang baik, namun belum banyak siswa dan guru yang melakukan aksi nyata yang mendukung kegiatan biokonservasi tumbuhan langka Indonesia.

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V.pdf
daftar pustaka.pdf
File Dokumen : Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
Bab IV.pdf
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Drs. Suranto, M.Sc., Ph.D.
2. Murni Ramli, S.P., M.Si., Ed.D.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP