Penulis Utama : Khiara Nurulita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3517033
Tahun : 2022
Judul : Pengembangan Sistem Pendukung Keputusan untuk Menentukan Siswa Berprestasi Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) pada SMK Negeri 1 Lumajang
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Khiara Nurulita. K3513033. PENGEMBANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN SISWA BERPRESTASI MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) PADA SMK NEGERI 1 LUMAJANG. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Desember 2022.

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan metode Simple Additive Weighting (SAW) dalam penentuan siswa berprestasi; (2) Untuk mengetahui tingkat kelayakan sistem pendukung keputusan dalam penentuan siswa berprestasi dengan metode Simple Additive Weighting (SAW) di sekolah.

Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dengan Systems Development Life Cycle (SDLC) Prototyping Model. Data dikumpulkan menggunakan metode wawancara (observasi), studi pustaka, dan angket. Pengujian sistem menggunakan metode blackbox testing,  penilaian sistem dilakukan oleh ahli sistem dan evaluasi sistem menggunakan metode System Usability Scale (SUS).

Hasil penelitian memperoleh nilai rata-rata ahli sistem sebesar 88?n penilaian evaluasi sistem oleh user sebesar 83.75 sehingga sangat layak digunakan dan dikembangkan. Menurut penelitian yang telah dilakukan, kelebihan dari sistem ini adalah: 1) Sistem dapat diakses dari beragam jenis browser yang terhubung dengan internet; 2) Terdapat menu cetak laporan dengan format yang sesuai sehingga dapat dijadikan laporan; 3) Sistem mempunyai tampilan antarmuka yang mudah dipahami oleh pengguna; 4) Dapat menentukan siswa berprestasi dengan hasil yang efektif dan lebih objektif. Sedangkan kelemahan dari sistem adalah: 1) Sistem informasi yang dikembangkan hanya memuat fitur-fitur yang dibutuhkan saat ini saja; 2) Ada beberapa input data harus dinormalisasikan terlebih dahulu sehingga input data bukan menggunakan data mentah.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER DAFTAR ISI.pdf
BAB 1.pdf
BAB 2.pdf
BAB 3 (2).pdf
BAB 4.pdf
BAB 5.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nurcahya Pradana Taufik Prakisya, S.Kom., M.Cs.
2. Dwi Maryono, S.Si, M.Kom.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP