Penulis Utama : Iistikharoh
NIM / NIP : H0717065
×

Anggrek merupakan salah satu family Oridaceae yang memiliki kurang lebih 25.000 – 30.000 spesies tersebar diseluruh dunia. Salah satu anggrek yang disukai dan dibudidayakan di indonesia ialah anggrek hitam atau Coelogyne yang merupakan anggrek asli kalimantan. Dalam melakukan perbanyakan anggrek hitam secara in vitro masih diperlukan pengetahuan yang lebih terkait media ataupun hormon atau zat pengatur tumbuh untuk mendukung proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Jenis dan konsentrasi zat pengatur tumbuh perlu diperhatikan sehingga dapat tanaman dapat tumbuh optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan jumlah konsentrasi terbaik ZPT (BA dan NAA) pada pertumbuhan sub kultur anggrek hasil persilangan Coelogyne pandurata dan Coelogyne rumphii.
Penelitian dilaksanakan di laboratorium Fisiologi dan Bioteknologi Tumbuhan Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mulai November 2020 sampai dengan  Maret 2021. Menggunakan metode rancangan acak lengkap (RAL) dua faktor. Faktor yang pertama adalah konsentrasi BA (Benzyl Adenin) dan faktor kedua, konsentrasi NAA (Naphtaleine Acetic Acid ) masing - masing terdiri dari 4 taraf yaitu 0; 0,2; 0,4; dan 0,6 ppm. Terdapat 16 kombinasi perlakuan dengan 4 kali ulangan. Variabel yang diamati meliputi jumlah tunas, tinggi tanaman, berat planlet, jumlah daun, jumlah akar, panjang akar, saat muncul akar, dan saat muncul tunas. Data hasil penelitian dianalisis dengan analisis ragam F taraf 5%, apabila terdapat pengaruh nyata maka dilakukan uji lanjut dengan DMRT taraf 5% untuk mengetahui beda nyata antar perlakuan satu dengan yang lain.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan BA 0,6 ppm memberikan hasil terbaik pada pertumbuhan jumlah tunas (6,59 tunas). Penambahan  konsentrasi NAA 0,2 ppm memberikan hasil terbaik pada variabel jumlah akar (4,6 akar). Kombinasi BA 0,6 ppm dan NAA 0,2 ppm memberikan hasil terbaik pada pertumbuhan berat tanaman (3,43 g).

×
Penulis Utama : Iistikharoh
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0717065
Tahun : 2022
Judul : Pertumbuhan Sub Kultur Hasil Persilangan Anggrek Coelogyne pada Media MS dengan Kombinasi ZPT Sitokinin dan Auksin Secara In-Vitro
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2022
Program Studi : S-1 Agroekoteknologi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Benzyl Adenin, Naphtaleine Acetic Acid
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ir. Sri Hartati, M.P.
2. Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S
Penguji : 1. Prof. Dr. Ir. Edi Purwanto, M.Sc.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.