Penulis Utama : Alief Nur Rahmatullah
NIM / NIP : K1517004
×

Alief Nur Rahmatullah. PERILAKU BATAKO MENGGUNAKAN SERBUK LIMBAH KACA SEBAGAI BAHAN PENGGANTI SEBAGIAN PASIR TERHADAP KUAT TEKAN DAN DAYA SERAP. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, September 2021.

            Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) perilaku batako menggunakan variasi serbuk limbah kaca sebagai bahan pengganti sebagian pasir terhadap nilai dan persentase optimal kuat tekan; (2) perilaku batako menggunakan variasi serbuk limbah kaca sebagai bahan pengganti sebagian pasir terhadap nilai dan persentase optimal daya serap air; (3) nilai kuat tekan yang dihasilkan dari penggantian sebagian pasir dengan serbuk limbah kaca dibanding kelas kuat mutu II Batako.

            Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah batako berukuran 30 x 10 x 15. Sampel dari penelitian ini adalah batako menggunakan variasi limbah kaca 35%, 40%, dan 45% terhadap volume pasir. Dibuat 5 Sampel untuk masing masing variasi batako. Pengujian kuat tekan dan daya serap air batako berdasarkan acuan SNI 03-0349-1989.

Dari penelitian ini dapat disimpulkan: (1) Terjadi peningkatan kuat tekan batako dengan menggunakan limbah serbuk kaca sebagai pengganti sebagian pasir berpengaruh pada kuat tekan batako karena kuat tekan. Peningkatan batako maksimal pada variasi 40% sebesar 96,33Kg/cm2. Dengan perbandingan variasi 40% lebih besar 14,5% dibanding variasi 35% sebesar 71,94Kg/cm2 dan lebih besar 15,6% dibanding variasi 45% sebesar 70,22Kg/cm2; (2) Terjadi penurunan daya serap batako dengan menggunakan limbah serbuk kaca dengan penggantian sebagian pasir. Semakin besar variasi limbah kaca maka semakin kecil daya serap batako. Daya serap optimal ialah variasi 45% dengan daya serap air sebesar 4,25%. variasi 45% lebih besar 14,5% dibanding variasi 40% sebesar 4,89% dan lebih besar 15,6% dibanding variasi 45% sebesar 5,19%; (3) Nilai kuat tekan yang dihasilkan dari penggantian sebagian pasir dengan serbuk limbah kaca mencapai syarat kuat tekan mutu II yaitu 70Kg/cm2.

×
Penulis Utama : Alief Nur Rahmatullah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1517004
Tahun : 2021
Judul : Perilaku Batako Menggunakan Serbuk Limbah Kaca sebagai Bahan Pengganti Sebagian Pasir terhadap Kuat Tekan dan Daya Serap.
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Bangunan
Kolasi :
Sumber : .
Kata Kunci : Batako, Limbah Kaca, Kuat tekan, Daya serap air
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ernawati Sri Sunarsih, S.T., M.Eng.
2. Kundari Rahmawati, S.Pd., M.Eng.
Penguji : 1. Ir. Ida Nugroho Saputro, S.T., M.Eng.
2. Sri Sumarni, S.T., M.T
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.