Penulis Utama : Dita Qondiyana
NIM / NIP : S851902007
×

Kemampuan koneksi matematis merupakan kemampuan dalam menghubungkan konsep antar topik matematika yang sama, menghubungkan antara topik tertentu dengan topik lainnya, dan menghubungkan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Jambi dan faktor-faktor yang diduga mempengaruhinya.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah Matching Familiar Figures Test (MFFT) untuk penggolongan gaya kognitif reflektif dan impulsif, tes kemampuan koneksi matematis, dan pedoman wawancara. Pengambilan sampel menggunakan teknik purpossive sampling. Subjek penelitian meliputi 3 siswa dengan gaya kognitif reflektif dan 3 siswa dengan gaya kognitif impulsif. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi metode. Analisis data pada penelitian ini terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. 
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) siswa reflektif dapat memenuhi indikator menghubungkan konsep antar topik matematika yang sama, menghubungkan antara topik tertentu dengan topik lainnya, dan menghubungkan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari. Siswa reflektif cenderung fokus, teliti, dan menggunakan waktu dengan efisien dalam menjawab soal. 2) siswa impulsif memenuhi indikator menghubungkan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari. Siswa impulsif cenderung belum memahami konsep persamaan linear dua variabel dan kurang mengingat materi yang telah lalu, sehingga siswa impulsif tidak memenuhi indikator menghubungkan konsep antar topik matematika yang sama dan menghubungkan antara topik tertentu dengan topik lainnya. Faktor-faktor yang diduga mempengaruhi kemampuan koneksi matematis ditinjau dari gaya kognitif reflektif diantaranya adalah sebagai berikut: a) keinginan belajar matematika siswa yang baik, b) rasa percaya diri siswa dengan kemampuan yang dimiliki. Faktor-faktor yang diduga mempengaruhi kemampuan koneksi matematis ditinjau dari gaya kognitif impulsif diantaranya adalah sebagai berikut: a) kurangnya pemberian soal yang melibatkan keterkaitan konsep matematika yang berbeda, b) siswa kesulitan dalam memahami soal kontekstual, c) siswa kurang memahami konsep-konsep matematika.

×
Penulis Utama : Dita Qondiyana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851902007
Tahun : 2022
Judul : Analisis Kemampuan Koneksi Matematis pada Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 20 Jambi Tahun Ajaran 2020/2021
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-2 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kemampuan Koneksi Matematis, Gaya Kognitif, Reflektif, Impulsif
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Riyadi, M.Si
2. Dr. Drs. Siswanto, M.Si
Penguji : 1. Dr. Triyanto, S.Si, M.Si
2. Dr. Ikrar Pramudya, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.