Penulis Utama : Wanti Safitri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5617099
Tahun : 2021
Judul : Partisipasi Wanita Dalam Sepakbola Di Indonesia
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keolahragaan - 2021
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Wanti Safitri. K5617099. PARTISIPASI WANITA DALAM SEPAKBOLA INDONESIA, Skripsi. Surakarta : Fakultas Keolahragaan Universitas Sebelas Maret Surakarta,Oktober 2021

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan alasan wanita berpartisipasi dalam sepakbola di Indonesia.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain survey. Sumber data penelitian berjumlah 29 atlet sepakbola yang berpartisipasi dalam Tim Nasional Sepakbola Putri Indonesia. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan participation motivation questionnaire (PMQ) dengan penilaian skala Guttman. Analisis data dilakukan dengan deskriptif persentase lalu mengelompokan hasil analisis berdasarkan kriteria partisipasi yang terdiri dari tidak ada (0 %), sebagian kecil (1 % - 24 %), kurang dari setengahnya (24 % - 49 %), setengahnya (50 %), lebih dari setengahnya (51 % - 74 %), sebagian besar (75 % - 99 %), dan seluruhnya (100 %).

Hasil penelitian menyatakan bahwa karakteristik subjek yang berpartisipasi dalam sepakbola di Indonesia, lebih dari setengahnya berusia 17 tahun (53 %) dengan tingkat pendidikan SMA sederajat (66 %). Faktor penentu partisipasi wanita dalam sepakbola di Indonesia, sebagian besar dipengaruhi oleh teman sebaya (87 %), orang tua (86 %), sarana prasarana (97 %), kesadaran (76 %), ketertarikan (79 %), keterikatan (87 %), dan kesetiaan (90 %) serta seluruhnya dipengaruhi karena adanya klub sepakbola (100 %) dan program latihan yang diselenggarakan (100 %).

Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa partisipasi wanita dalam sepakbola sebagian besar dipengaruhi oleh micro level factor yaitu teman sebaya dan orang tua; macro level factor yaitu ketersediaan klub, ketersediaan sarana prasarana klub dan program latihan yang dijalankan; dan psychological and sociological factor yaitu kesadaran, ketertarikan, keterikatan, dan kesetiaan.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Agustiyanta,M.Pd
2. Rumi Iqbal Doewes,S.Pd.,M.Or
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan