Penulis Utama : Tito Arsakly Widhi P
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1517075
Tahun : 2022
Judul : Analisis Tingkat Pelayanan Jalan Underpass Makamhaji Kartasura
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tito Arsakly Widhi Putra K1517075. ANALISIS TINGKAT PELAYANAN JALAN UNDERPASS MAKAMHAJI KARTASURA. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2021.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aspek-aspek yang mempengaruhi tingkat pelayanan jalan pada perlintasan tidak sebidang di bawah jalur kereta api sesuai dengan pedoman teknis perlintasan tidak sebidang antara jalan dengan jalur kereta api. Aspek-aspek tersebut meliputi geometri jalan dan perlintasan, volume harian kendaraan, jumlah hambatan samping dan kapasitas jalan untuk mendapatkan besarnya derajat kejenuhan.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perlintasan tidak sebidang antara jalan dengan jalur kereta api yang berada di Kota Surakarta dan sekitarnya. Sampel yang dipilih adalah perlintasan tidak sebidang underpass Makamhaji yang terletak di ruas jalan Slamet Riyadi Kecamatan Kartasura dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan survei langsung di lapangan mengenai geometri jalan dan perlintasan, volume harian kendaraan yang melintasi underpass Makamhaji dan jumlah hambatan samping yang terjadi selama survei. Analisis dan pembahasan data dilakukan berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 dan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 36 tahun 2011.

Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) kondisi geometrik underpass Makamhaji pada ruas jalan Slamet Riyadi Kartasura belum memenuhi persayaratan teknis perlintasan tidak sebidang menurut Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 36 tahun 2011; (2) hasil analisis volume harian kendaraan yang melintas didapatkan sebesar 2168,8 smp/jam; (3) nilai hambatan samping yang terjadi di underpass Makamhaji didapatkan sebesar 849,8 kejadian/jam yang tergolong dalam kelas hambatan samping tinggi menyebabkan kinerja jalan menurun akibat dari besarnya gangguan lalu lintas yang berasal dari kegiatan samping jalan; (4) didapatkan nilai kapasitas jalan underpass Makamhaji sebesar 2126,28 smp/jam; (5) hasil analisis derajat kejenuhan didapatkan nilai sebesar 1,019, termasuk dalam tingkat pelayanan F menunjukkan tingkat pelayanan jalan yang buruk.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Cover.pdf
Bab I.pdf
Bab II.pdf
Bab III.pdf
Bab IV.pdf
Bab V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lampiran.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Eko Supri Murtiono, S.T., M.T.
2. Kundari Rahmawati, S.Pd., M.Eng.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP