Penulis Utama : Dias Damayanti
NIM / NIP : K1317017
×

                                                                                 

Dias Damayanti. ANALISIS KESALAHAN SISWA BERDASARKAN KRITERIA WATSON DALAM MENYELESAIKAN MASALAH YANG BERKAITAN DENGAN GEOMETRI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP Negeri 1 ALIAN. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Desember 2021.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kesalahan menurut Watson yang menonjol pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Alian yang memiliki kecerdasan logika matematika: (1) tinggi (2) sedang, (3) rendah.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel penelitian yang digunakan adalah cara klister (cluster random sampling) yaitu diambil secara acak empat kelas dari delapan kelas yang ada. Uji coba instrumen dilaksanakan di salah satu kelas VIII SMP Negeri 1 Alian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi untuk mengumpulkan data berupa nama-nama siswa kelas penelitian, kelas uji coba, dan jadwal pelajaran seluruh kelas VIII SMP Negeri 1 Alian, metode tes untuk mengetahui tingkatan kecerdasan logika matematika siswa dan  analisis jenis kesalahan menurut kriteria Watson pada materi bangun ruang sisi datar. Teknik analisis data kuantitatif deskriptif menggunakan analisis statistik inferensial.

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) siswa dengan kecerdasan logika matematika tinggi cenderung melakukan jenis kesalahan data tidak tepat (inappropriate data), masalah hirarki keterampilan (skills hierarchy problem), dan manipulasi tidak langsung (undirected manipulation), (2) siswa dengan kecerdasan logika matematika sedang cenderung melakukan kesalahan selain ketujuh kategori (above other), data tidak tepat (inappropriate data), dan presedur tidak tepat (inappropriate procedure), (3) siswa dengan kecerdasan logika matematika rendah cenderung melakukan kesalahan data tidak tepat (inappropriate data), selain ketujuh kategori (above other), dan presedur tidak tepat (inappropriate procedure).

×
Penulis Utama : Dias Damayanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1317017
Tahun : 2022
Judul : Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Kriteria Watson dalam Menyelesaikan Masalah yang Berkaitan dengan Geometri Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Kecerdasan Logika Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Alian
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : kecerdasan logika matematika, kesalahan, kriteria Watson.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Budiyono, M.Sc.
2. Dyah Ratri Aryuna, S.Pd., M.Si.
Penguji : 1. Sutopo, S.Pd., M.Pd.
2. Dr. Ikrar Pramudya, M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.