Penulis Utama : Kirana Wulan Hardiani
NIM / NIP : K4216040
×

ABSTRAK

Kirana Wulan Hardiani. K4216040. KAJIAN SEMIOTIK DALAM MITOS KESENIAN REOG PAKEM DUSUN KADISONO, DESA GUBUG, KECAMATAN CEPOGO,  KABUPATEN BOYOLALI DAN RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI AJAR MEMAHAMI ISI TEKS CERITA RAKYAT DI SMA. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, September, 2021.

            Kesenian reog PAKEM merupakan salah satu kesenian yang masih erat kaitannya dengan mistis dan mitos. Hal tersebut dijaga  tentunya   mengandung   makna bagi  masyarakat penganut mitos kesenian reog PAKEM itu sendiri. Makna dalam mitos kesenian reog PAKEM ini diabstraksikan dalam sebuah simbol. Simbol tersebut dapat berupa gerakan, busana, pola lantai, properti, alat musik dan sesaji. Dalam menyikapi permasalahan ini maka peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian yaitu analisis mitos kesenian reog PAKEM dengan pendekatan semiotik. Semiotik yaitu ilmu yang digunakan untuk mempelajari tentang tanda guna mencapai makna. Dari hasil penelitian dan analisis dapat dijadikan sebagai alternative materi ajar cerita rakyat di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan; 1) Aspek semiotik yang terdapat dalam mitos kesenian reog PAKEM dusun Kadisono. 2) Relevansi hasil analisis semiotik mitos kesenian reog PAKEM dusun Kadisono sebagai materi ajar memahami isi teks cerita rakyat di SMA. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Penentuan sample penelitian menggunakan teknik purposive sampling dengan prosedur key person diantaranya, pawang/sesepuh kesenian reog PAKEM, pengurus organisasi kesenian reog PAKEM, guru mata pelajaran Bahasa Jawa, siswa SMA, perangkat desa, dan ahli sastra. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Langkah-langkah analisis data meliputi untuk deskripsi data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabasahan data diperoleh dengan triangulasi teori, triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Aspek semiotik dalam bentuk bentuk penyajian kesenian reog PAKEM meliputi unsur-unsur mitos yang diabstraksikan dalam bentuk simbol yang mengandung makna simbolik di dalamnya yaitu gerak, pola lantai, busana dan tata rias, property, serta iringan musik, dan sesaji. 2) Relevansi hasil analisis semiotik mitos kesenian reog PAKEM Dusun Kadisono sebagai materi ajar memahami isi teks cerita rakyat di SMA.

 

×
Penulis Utama : Kirana Wulan Hardiani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4216040
Tahun : 2022
Judul : Kajian Semiotik Dalam Mitos Kesenian Reog Pakem Dusun Kadisono, Desa Gubug, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali dan Relevansinya sebagai Pemateri Ajar Memahami Isi Teks Cerita Rakyat di SMA
Edisi :
Imprint : SURAKARTA - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : .
Kata Kunci : Kata kunci: semiotik, mitos, kesenian reog pakem, materi ajar, cerita rakyat.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Edy Suryanto, M. Pd
2. Rahmat S.S., M.A.
Penguji : 1. Dr. Djoko Sulaksono, S.Pd., M.Pd.
2. Dr. Atikah Anindyarini, SS., M.Hum
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.