Penulis Utama : Fitria Wulandari
NIM / NIP : S022002013
×

Latar Belakang: Data NCHS menunjukkan bahwa 29?ri wanita melahirkan pada tahun 2019 mengalami obesitas, naik 11% bila dibandingkan pada tahun 2016. Prevalensi obesitas wanita usia reproduksi di seluruh dunia meningkat dengan perkiraan 20-36%. Diperkirakan pada tahun 2025, lebih dari 21% wanita di dunia akan menderita obesitas. Peningkatan prevalensi obesitas juga terjadi pada wanita hamil. Obesitas meningkatan risiko bagi ibu hamil dan janin/neonatal. Obesitas ibu telah dikaitkan dengan hasil kehamilan yang merugikan, termasuk kelahiran prematur dan kematian neonatal. Penelitian ini bertujuan untuk mengestimasi besarnya pengaruh obesitas maternal terhadap kelahiran prematur dan kematian neonatal berdasarkan sejumlah penelitian serupa sebelumnya.
Subjek dan Metode: Penelitian ini dilakukan dengan tinjauan sistematis dan meta-analisis. Artikel yang digunakan diperoleh dari beberapa database, antara lain: Google Scholar, Science Direct, Springer Link, Proquest, dan Scopus yang dipublikasikan dari tahun 2010 hingga 2021. Populations dalam penelitian adalah ibu hamil dengan intervention berupa obesitas, comparison berupa BMI normal, serta outcome berupa kelahiran prematur dan kematian neonatal. Kata kunci yang digunakan untuk mencari artikel yaitu: (“maternal obesity” OR “maternal BMI”) AND (“premature birth” OR “preterm birth” OR “preterm delivery” OR “preterm labor”) AND (“neonatal mortality” OR “neonatal death”) AND “adjusted Odds Ratio”, dan “maternal obesity” AND (“premature birth” OR “preterm birth” OR “preterm delivery”) AND (“neonatal mortality” OR “neonatal death”) AND “adjusted Odds Ratio”. Artikel berupa artikel full text dengan desain studi cross-sectional dan kohor. Artikel dikumpulkan dengan PRISMA flow diagram dan dianalisis dengan aplikasi Review Manager 5.3.
Hasil: Ada 19 artikel yang ditinjau dalam penelitian. Meta-analisis dari 13 studi kohor menunjukkan bahwa ibu hamil dengan obesitas berisiko 1.02 kali mengalami kelahiran prematur bila dibandingkan dengan ibu hamil BMI normal, namun hasil tersebut tidak signifikan secara statistik (aOR=1.02; CI 95%=0.93 hingga 1.13; p=0.630). Meta-analisis dari 4 studi kohor menunjukkan bahwa obesitas maternal meningkatkan risiko kematian neonatal dan signifikan secara statistik (aOR=1.52; CI 95%=1.17 hingga 1.99; p=0.002). Meta-analisis dari 4 studi cross-sectional menunjukkan bahwa obesitas maternal meningkatkan risiko kematian neonatal dan signifikan secara statistik (aOR=1.44; CI 95%=1.26 hingga 1.64; p<0>Simpulan: Obesitas maternal meningkatkan risiko kematian neonatal yang signifikan secara statistik dan risiko kelahiran prematur yang tidak signifikan secara statistik.

 

×
Penulis Utama : Fitria Wulandari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S022002013
Tahun : 2022
Judul : Meta-Analisis Pengaruh Obesitas Maternal terhadap Risiko Kelahiran Prematur dan Kematian Neonatal
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2022
Program Studi : S-2 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : obesitas maternal, kelahiran prematur, kematian neonatal
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : https://doi.org/10.26911/thejmch.2021.06.06.10
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. dr. Uki Retno Budihastuti, Sp.OG (K)
Penguji : 1. Prof. Bhisma Murti, dr., MPH., M.Sc., PhD
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.