Penulis Utama : Indriana Mega Kresna
NIM / NIP : D0216047
×

Aktivis sosial merupakan salah satu pihak yang banyak melakukan gerakan atau kampanye dengan isu tertentu, yang dalam praktiknya mereka melakukan produksi wacana yang diimplementasikan pada berbagai medium seperti unggahan pada media sosial Instagram. Triana Rahmawati selaku Founder dari komunitas Griya Schizofren Solo adalah salah satu aktivis sosial yang melakukan kampanye gerakan peduli masalah kejiwaan di Instagram @griyaschizofren. Dalam memproduksi teks pada unggahannya di Instagram, gaya komunikasi yang digunakan oleh Triana yakni rapport talk dipakai untuk mengkonstruksi wacana yang ingin ia bagikan kepada khalayak. Rapport talk sendiri merupakan gaya bahasa perempuan berdasarkan Genderlect Theory oleh Deborah Tannen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan rapport talk oleh Triana dalam mengkampanyekan gerakan peduli masalah kejiwaan di Instagram @griyaschizofren.
Metodologi yang digunakan ialah Analisis Wacana Kritis (AWK) Norman Fairclough yang membagi level analisis menjadi tiga bagian yakni mikro (teks), meso (discourse practice), dan makro (sociocultural practice). Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan sumber berdasarkan pada wawancara mendalam dan observasi. Informan penelitian ini adalah founder Griya Schizofren dan dua followers Instagram @griyaschizofren.
Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa konten @griyaschizofren yang disampaikan dengan cara storytelling membawa wacana yang merepresentasikan ODMK sebagai pihak yang berhak mendapat perlakuan manusiawi dan Griya Schizofren sebagai pihak yang peduli dan turut serta melakukan pendampingan pada ODMK. Indikator rapport talk berupa fokus orientasi bahasan, sikap positif yang berisi dukungan, pelibatan elemen emosional dan peggunaan intensifier, serta membangun hubungan ditemukan pada gaya komunikasi yang digunakan Triana dalam caption. Indikator yang paling sering ditemui dalam caption adalah sikap positif yang berisi dukungan, pelibatan elemen emosional, dan membangun hubungan. Sedangkan indikator rapport talk yang paling jarang muncul dalam caption adalah penggunaan intensifier.

Kata kunci: Analisis Wacana Kritis, Rapport Talk, Instagram

 

×
Penulis Utama : Indriana Mega Kresna
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0216047
Tahun : 2021
Judul : Rapport Talk Communication Aktivis Sosial (Analisis Wacana Kritis Penggunaan Rapport Talk Communication Aktivis Sosial di Instagram @griyaschizofren dalam Mengkampanyekan Gerakan Peduli Masalah Kejiwaan)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2021
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-D0216047
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Likha Sari Anggraeni, S.Sos., M.Soc.Sc.
Penguji : 1. Sri Hastjarjo, S.Sos.,Ph.D. NIP.
2. Sri Herwindya Baskara Wijaya, S.Sos.,M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.