Penulis Utama : Diah Ayu Setyani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0415017
Tahun : 2021
Judul : Jaringan Komunikasi Petani Dalam Program Kartu Tani di Desa Bakalan Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian-H0415017
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Salah satu alternatif untuk mendukung pembangunan pertanian adalah dengan melakukan pemupukan pada tanaman. Permasalahan yang terjadi khususnya terkait pupuk meliputi kelangkaan, harga yang fluktuatif, serta penggunaan  pupuk oleh petani yang sering kali  melebihi dosis anjuran. Pada tahun 2017, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. membuat aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pertanian Indonesia (SIMPI) dan menerbitkan kartu tani sebagai alat  penebusan dan pembayaran pupuk bersubsidi untuk mengatasi berbagai permasalahan tersebut. Analisis jaringan komunikasi secara tepat akan memudahkan proses penyebaran  inovasi  kartu  tani.  Penelitian  ini  bertujuan  untuk  menganalisis peranan, menganalisis klik, dan menganalisis struktur jaringan komunikasi kartu tani yang terbentuk di Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis deskriptif. Lokasi penelitian yaitu di Desa Bakalan, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo karena di desa tersebut angka pengguna kartu tani tergolong rendah. Metode pengambilan sampel yaitu pengambilan sampel kelompok kecil dengan cara mengambil seluruh anggota kelompok sebagai sampel yaitu berjumlah 59 orang petani. Metode analisis yang digunakan adalah analisis sosiometri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) peranan di Desa Bakalan terdiri dari opinion leader, bridge, dan neglectee; (2) klik yang terdapat di Desa Bakalan sebanyak 17 klik;  (3)  struktur  jaringan  yang  meliputi  kepadatan  jaringan  (density)  sebesar
0,026. Diameter jaringan yang terbentuk sebesar 5. Kemudian nilai derajat keterhubungan (connectedness) sebesar 9,3%. Pola jaringan yang terbentuk di Desa Bakalan secara keseluruhan adalah pola roda.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
BAB VI.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Dwiningtyas Padmaningrum, S.P
2. Putri Permatasari, S.P., M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian