Penulis Utama : Ardini Nur Hanifah
NIM / NIP : K7616008
×

Penelitian  ini  memiliki  tujuan  yaitu  menganalisis  peningkatan  hasil  belajar peserta didik pada mata pelajaran Ekonomi dengan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dan model Numbered Head Together (NHT). Metode penelitian ini menggunakan penelitian pustaka. Sumber dari data untuk penelitian ini menggunakan tujuh data jurnal ilmiah. Teknik pada pengumpulan data penelitian menggunakan teknik dokumentasi yang didalamnya merupakan karya artikel jurnal penelitian sebelumnya.
Hasil penelitian jurnal pertama dalam penerapan model CTL menunjukkan 70% peserta didik memenuhi syarat kelulusan pada materi sumber penerimaan pemerintah menjelaskan model CTL pada pembelajaran Ekonomi untuk kelas XI di SMA Negeri 11 dapat meningkatkan hasil belajar untuk materi konsep-konsep Ekonomi. Jurnal kedua ketika menerapkan model CTL terbukti lebih baik daripada menggunakan metode konvensional serta prestasi peserta didik menunjukkan penggunaan model pembelajaran CTL pada kemampuan yang dimiliki peserta didik di awal pembelajaran memiliki keefektifan dalam mencapai hasil belajar. Jurnal ketiga dalam penerapan model CTL keberhasilan belajar mencapai 80% serta hasil wawancara kepada peserta didik menunjukkan penerapan model CTL terbukti dapat mempermudah peserta didik dalam mengerti materi Ekonomi serta mengembangkan  minat  belajar peserta didik.  Jurnal  keempat  diketahui  penerapan  model NHT dapat meningkatkan hasil belajar ranah kognitif peserta didik 35%. Jurnal kelima hasil belajar Ekonomi menggunakan model NHT terbukti signifikan dibandingkan dengan metode konvensional.  Jurnal  keenam  hasil  belajar  Ekonomi  mengalami  peningkatan  ditunjukkan pada hasil rata-rata tes tertulis sebesar 80,95 dengan presentase tingkat ketuntasan peserta didik sebesar 88,89%. Jurnal ketujuh pada penerapan kedua model pembelajaran yaitu model CTL dan model NHT terbukti meningkatkan hasil belajar dengan tercapainya 75% peserta didik yang mendapatkan nilai di atas 75 terlihat dari siklus 1 dan siklus 2.
Simpulan dari penelitian model CTL dengan model NHT dapat meningkatkan hasil belajar Ekonomi. Langkah-langkah dalam menerapkan model CTL konstruktivime, inkuiri, bertanya, masyarakat belajar, permodelan, refleksi atau evaluasi, dan penilaian yang sebenarnya. Pada model NHT langkah-langkah penerapannya yang memiliki persamaan dengan kerangka berpikir   yaitu penomoran, pengajuan pertanyaan, berfikir bersama, dan pemberian jawaban. Pada model CTL dengan NHT langkah penerapannya yaitu konstruktivisme, inkuiri, masyarakat belajar, diskusi untuk menemukan jawaban, pendidik memanggil satu nomor untuk mempresentasikan hasil diskusi, mengambil kesimpulan, dan refleksi.

Kata kunci: Penelitian Pustaka, CTL, NHT, dan Hasil Belajar

 

×
Penulis Utama : Ardini Nur Hanifah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7616008
Tahun : 2021
Judul : Analisis Peningkatan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Dengan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Numbered Head Together (NHT)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi PTN
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K7616008
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Soetarno Joyoatmaja, M.Pd.
2. Dr. Sudarno. M.Pd
Penguji : 1. Dr. Mintasih Indriayu, M.Pd
2. Feri Setyowibowo, S.E., M.M
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.