Penulis Utama : Wildan Sebastian
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4416070
Tahun : 2022
Judul : Cerita Relief Lalitavistara Sebagai Sumber Belajar Pembelajaran Sejarah Indonesia Kuno
Edisi :
Imprint : SURAKARTA - Fak. KIP - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Wildan Sebastian. K4416070. CERITA RELIEF LALITAVISTARA SEBAGAI SUMBER BELAJAR PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA KUNO. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2021.

            Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan: (1) Gambaran Umum Candi Borobudur dan Relief-reliefnya. (2) Cerita Relief Lalitavistara pada Candi Borobudur (3) Cerita Lalitavistara sebagai sumber belajar Sejarah Indonesia.

            Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini diperoleh dari observasi, informan dan dokumen. Sampling yang diguankan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga teknik yaitu observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Validitas data yang digunakan adalah teknik triangulasi sumber. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif interaktif, dilakukan dengan cara reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan.

            Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan: (1) Borobudur yang terletak di Kabupaten Magelang merupakan simbol agama Budha terbesar di Indonesia yang dibangun oleh Samaratungga pada masa dinasti saylendra. Pembangunan Candi Borobudur bertujuan untuk peribadatan agama Budha yang dianut oleh masyarakat  jawa kuno pengikut dinasti saylendra, (2) Relief Lalitavistara pada Candi Borobudur sebagai salah satu bentuk sikap yang bisa diteladani pada mata pelajaran Sejarah Indonesia di SMA kelas X, (3) Cerita Lalitavistara sebagai sumber belajar Sejarah Indonesia yang dapat mengembangkan sikap toleransi dan bisa diambil dari KI 2 serta diimplementasikan pada peserta didik kelas X SMA khususnya pada KD 3.5, KD 3.6, KD 4.5, dan KD 4.6 mata pelajaran Sejarah Indonesia.

 

Kata kunci : Cerita Relief Lalitavistara, Sumber Belajar, Sejarah Indonesia

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III.pdf
Cover .pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
LAMPIRAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Leo Agung S., M.Pd
2. Drs. Tri Yunianto, M. Hum
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP