Penulis Utama : Latifa Nur Fakhirah
NIM / NIP : D1219026
×

Munculnya new media, membuat media konvensional seperti radio semakin terpinggirkan. Persentase penggunaan radio oleh masyarakat tergolong rendah dibanding media online dan platform media audio on demand. Persaingan yang ketat membuat radio perlu berinovasi. Solo Radio adalah salah satu radio di Kota Solo dengan segmentasi anak muda yang terus mengoptimalkan potensinya untuk menjangkau dan mempertahankan pendengar. Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi komunikasi Solo Radio dalam mengembangkan konten new media sebagai upaya mempertahankan eksistensi di era digital.

Lokasi penelitian dilakukan di Solo Radio 92.9 FM yang terletak di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan sebagai acuan penelitian ada teori model komunikasi Harrold Lasswell. Metode penarikan sampel dilakukan menggunakan purposive sampling. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan menggunakan dokumentasi milik perusahaan. Teknik analisis data dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi nya.

Hasil dari penelitian ini adalah upaya Solo Radio melakukan strategi pengembangan konten new media dinilai efektif untuk mempertahankan eksistensi, karena adanya peningkatan insight dan pendengar pada platform streaming. Solo Radio sebagai komunikator telah menetapkan SDM terbaik untuk merancang pesan pada konten new media. Pesan pada konten new media direncanakan melalui meeting, dibuat sesuai segmentasi, dan tidak mengandung larangan yang telah ditetapkan. Media yang digunakan Solo Radio adalah Instagram, Twitter, TikTok, Facebook, Website, Youtube, dan Podcast. Target sasaran konten new media Solo Radio adalah anak muda dengan usia 15-30 tahun. Efek yang diinginkan dalam pengembangan konten new media ini adalah Solo Radio bisa mempertahankan eksistensi, dapat menjangkau khalayak, dan mendapat feedback yang baik dari khalayak yang dapat mempengaruhi insight dan engagement di setiap konten new media milik Solo Radio.

 

×
Penulis Utama : Latifa Nur Fakhirah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1219026
Tahun : 2022
Judul : Strategi Radio Mempertahankan Eksistensi (Studi Kualitatif Strategi Komunikasi Solo Radio 92.9 FM dalam Mengembangkan Konten New Media sebagai Upaya Mempertahankan Eksistensi di Era Digital)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2022
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : eksistensi, radio, strategi komunikasi
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Deniawan Tommy Chandra W, S.Sos., M.I.Kom.
Penguji : 1. Drs. Ign. Agung Satyawan, S.E., S.I.Kom., Ph.D
2. Sri Hastjarjo, S.Sos., Ph.D.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.