Penulis Utama : Yenny Fatimah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1214062
Tahun : 2021
Judul : Kajian Sastra Ekologi (Ekokritik) dan Nilai Pendidikan Karakter Novel Kekal Karya Jalu Kancana serta Relevansinya sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Kolasi :
Sumber : .
Subyek :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan: (1) ekokritik yang terkandung dalam novel Kekal karya Jalu Kancana; (2) nilai pendidikan  karakter yang terkandung dalam novel Kekal karya Jalu Kancana; dan (3) relevansi novel Kekal karya Jalu Kancana sebagai bahan ajar sastra di sekolah menengah atas.

Penelitian ini dilaksanakan dengan metode penelitian kualitatif deskriptif dan pendekatan ekokritik. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berupa dokumen dan informan. Dokumen berupa novel Kekal karya Jalu Kancana dan informan meliputi peserta didik dan guru. Pengambilan subjek penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan analisis dokumen dan wawancara. Uji validitas yang digunakan yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis model mengalir.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) tema yang diangkat dalam novel adalah lingkungan serta banyak menyoroti ekokritik antropogenik meliputi: penjamahan cagar alam, perusakan dan pembukaan hutan, perusakan lingkungan, perdagangan karbon, dan ketidakpedulian terhadap hewan liar dan habitatnya; (2) nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel meliputi: peduli lingkungan, kerja keras, peduli sosial, mandiri, gemar membaca, religius, dan tanggung jawab; dan (3) novel Kekal relevan dengan materi pembelajaran jika dilihat dari keterkaitannya dengan tujuan instruksional yang harus dicapai, juga dari aspek isi, penyajian, bahasa, dan kegrafikaan.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
yenny_halaman cover.pdf
yenny_BAB I.pdf
yenny_BAB II.pdf
yenny_BAB III.pdf
yenny_BAB IV.pdf
yenny_BAB V.pdf
yenny_daftar pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Herman J. Waluyo, M.Pd.
2. Budi Waluyo, S.S., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP