Penulis Utama : Sharfina Rastha Wijayanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0217102
Tahun : 2021
Judul : Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Niat Pembelian Produk Online (Studi Produk Lokal “Ideku Handmade”)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis-F0217102
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Industri ekonomi kreatif nasional harus menghadapi persaingan cukup keras dengan berbagai produk asing. Semakin pesatnya perkembangan teknologi dengan adanya perdagangan berbasis internet mendorong munculnya berbagai produk lokal. Hal tersebut berkaitan dengan keputusan konsumen membeli produk lokal Indonesia. Keputusan pembelian merupakan pemilihan antara dua atau lebih alternatif pilihan keputusan pembelian seseorang melewati berbagai proses pertimbangan sebelum mencapai keputusan untuk membeli suatu produk. Dalam konteks ini, penelitian memberikan wawasan tentang persepsi konsumen terhadap niat pembelian produk online (Studi produk lokal “Ideku Handmade”)
Penelitian ini mengambil populasi dari masyarakat di pulau Jawa yang mengetahui produk “Ideku Handmade”. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner menggunakan non probability method dengan pendekatan purposive sampling. Penelitian inimenggunakan data survei dari 134 responden. Pengujian penelitian ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji model, dan uji hipotesis. Data dianalisis menggunakan software SmartPLS 3.3.2. Penelitian ini menyatakan bahwa persepsi kualitas, persepsi harga, desain produk berpengaruh positif terhadap sikap konsumen dan persepsi risiko berpengaruh negatif terhadap sikap konsumen dan keyakinan. Diungkapkan juga sikap konsumen dan keyakinan berpengaruh positif terhadap niat pembelian produk “Ideku Handmade”.
Keterbatasan dalam penelitian ini adalah lebih fokus pada pelajar atau mahasiswa sehingga berdampak pada pengelompokkan data dan keterbatasan wilayah dalam penyebaran kuesioner. Penelitian ini dapat menambah pengetahuan mengenai kajian ilmu pengetahuan pemasaran mengenai perilaku pembelian pengambilan keputusan yang terbatas (limited decision making). Penelitian ini mampu memberikan manfaat kepada para pelaku usaha produk lokal kreatif, khususnya “Ideku Handmade” untuk menambah wawasan mengenai pengembangan dan pemasaran produk dan mendorong permintaan konsumsi produk lokal oleh konsumen di Indonesia.

Kata kunci: produk lokal, keputusan pembelian, niat pembelian.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Haryanto, S.E., M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis