Penulis Utama : Ulfah Meita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3216057
Tahun : 2022
Judul : Pembelajaran Menjahit Pakaian Dasar di Balai Latihan Kerja Karangpandan Kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Ulfah Meita. PEMBELAJARAN MENJAHIT PAKAIAN DASAR DI BALAI LATIHAN KERJA KARANGPANDAN KABUPATEN KARANGANYAR,
Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Desember 2020.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat proses pembelajaran menjahit pakaian dasar di Balai Latihan Kerja Karanganyar dilihat dari Instruktur, peserta, tujuan, materi, media, metode, dan evaluasi pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Strategi studi kasus tunggal terperancang. Sumber data yang digunakan memanfaatkan informan, tempat, dokumen dan arsip. Teknik pengumpulan data berdasarkan observasi, wawancara, dan analisis dokumen dan arsip. Validitas data dicapai dengan menggunakan triagulasi sumber dan review informan. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari 3 komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan model analisis flow model of analysis.
Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor pendukung proses pembelajaran yaitu kemampuan instruktur dalam memahami kebutuhan siswa dan mengoordinasikan kelas. Metode dan media yang bervariasi sehingga menarik peserta untuk aktif bertanya dan antusias, hal tersebut mendukung tercapainya tujuan pembelajaran menjahit pakaian dasar di program asisten pembuat pakaian. Adapun faktor penghambat proses pembelajaran yaitu jam pelatihan yang terbatas menjadi kendala bagi instruktur dalam menyusun dan menyampaikan materi yang padat sehingga materi yang di sampaikan kurang maksimal, latar belakang usia dan pendidikan peserta yang berbeda mempengaruhi daya tangkap peserta menghambat proses pembelajaran dikarenakan beberapa siswa mengalami keterlambatan belajar. Hasil evaluasi pembelajaran menjahit pakaian dasar dapat dilihat dari progres yang dicapai oleh masing-masing peserta berdasarkan buku penilaian, buku kerja, dan praktek di lapangan dengan mengacu pada tujuan pembelajaran program asisten pembuat pakaian.
Kata kunci : Proses pembelajaran, menjahit pakaian dasar, BLK

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II.pdf
BAB I.pdf
HALAMAN COVER.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
LAMPIRAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Margana, M.Sn
2. Lili Hartono, S.Sn, M.Hum
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP