Penulis Utama : Timothy Bona Arga
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0615039
Tahun : 2021
Judul : Bintang Capricorn Sebagai Sumber Ide Penciptaan Karya Seni Lukis
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Seni Rupa dan Desain - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Seni Rupa dan Desain-C0615039
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tulisan  ini  merupakan  kajian  ilmiah  pendukung  karya  Tugas  Akhir  yang berwujud karya seni lukis yang bersumber ide dari bintang capricorn dirumuskan ke dalam beberapa persoalan antara lain:  1) Apa yang dimaksud bintang Capricorn?, 2) Mengapa bintang capricorn dijadikan sebagai tema dalam penciptaan karya seni lukis?, 3). Bagaimana bentuk visualisasi karya bintang capricorn sebagai karya seni lukis?. Kajian mengenai bintang capricorn yang diimplementasikan ke dalam karya dua dimensi yaitu karya lukis dengan menggunakan observasi pada masyarakat dan memvisualisasikan ke dalam karya.
Dalam karya tugas akhir ini bentuk-bentuk karya yang dibuat secara imajinatif dan kreatif melalui sebuah sketsa yang kemudian diaplikasikan diatas kanvas. Teknik yang digunakan dalam pembuatan karya seni lukis adalah dengan teknik ekpresionis dan naif. Untuk penyajian yaitu dengan cara karya digantung didinding. Penyajian juga membutuhkan beberapa unsur pendukung agar tema karya lebih terasa, seperti diberi bingkai, serta penataan lampu atau lighting yang disesuaikan dengan karya.
Karya-karya  tersebut  mengandung pesan-pesan  moral  yang mencakup  seluruh aspek dalam kehidupan bermasyarakat tentang .kepercayaan, dan gaya hidup.

Kata Kunci : Bintang Capricorn, Seni Lukis, Karya Tugas Akhir.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dyah Yuni Kurniawati, S.Sn
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Seni Rupa dan Desain