Penulis Utama : Aisyah Nurhalimah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0916005
Tahun : 2021
Judul : Kajian Motif Monumen-Monumen Perjuangan Kemerdekaan pada Batik Kota Bekasi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Seni Rupa dan Desain - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Seni Rupa dan Desain-C0916005
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian dengan judul “Kajian Batik Kota Bekasi Dengan Motif Monumen Bersejarah di Bekasi” memiliki rumusan masalah bagaimana latar belakang Batik Kota Bekasi dan Mengetahui motif monumen-monumen perjuangan kemerdekaan pada batik Kota Bekasi dengan menggunakan teori pendekatan desain Clipton yang terdapat aspek fungsional, aspek keindahan, aspek bahan dan aspek teknis pelaksanaan. Tujuan penelitian ini guna mengetahui latar belakang Batik Kota Bekasi dan mengetahui motif monumen perjuangan kemerdekaan pada batik Kota Bekasi.
Penelitian merupakan kualitatif deskrpstif, dibantu dengan observasi, dokumentasi dan wawancara serta sumber data tertulis yang berupa jurnal, artikel, dan buku. Teknik analisi data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Validitas data yang digunakan pada penelitian ini merupakan triangulasi data.
Dari hasil penelitian didaptkan beberapa hal: (a) Pada Awalnya, dikarenakan tiap daerah diminta untuk mengembangkan batik sesuai dengan struktur karakteristik wilayah, budaya dan perjuangan kemerdekaan, maka setiap daerah kemudian menggali potensi khas daerah masing-masing. Seiring dengan perkembangan batik di seluruh daerah, batik Kota Bekasi-pun dimulai pada tahun 2012 dan atas dorongan untuk memunculkan identitas batik masing-masing. Dikarenakan setiap daerah ingin memiliki karakter sendiri maka setiap daerah membuat unsur-unsur dalam batiknya masing-masing. Motif-motif Batik Kota Bekasi yang ditetapakan oleh pemerintah Kota Bekasi saat peresmiannya, yaitu yang menyerupai flora, fauna, budaya, monumen perjuangan kemerdekaan (b) Motif monumen-monumen perjuangan kemerdekaan pada batik Kota Bekasi antara lain Monumen Perjuangan Rakyat, Monumen Kali Bekasi, Gedung Juang, Tugu Bambu Runcing. Monumen-monumen itu menyimpan kenangan pada saat rakyat Bekasi ikut dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Kata Kunci: Kota Bekasi, Batik Kota Bekasi, Kemerdekaan.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Theresia Widiastuti, M. Sn
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Seni Rupa dan Desain