Penulis Utama : Imam Fajri Nur Tsani
NIM / NIP : E0017232
×

Penelitian hukum ini bertujuan untuk mengetahui mengenai tindak pidana yang dilakukan secara melawan hukum, memiliki, menyimpan, dan menguasai narkotika golongan I bukan tanaman jenis shabu dan mengetahui pertimbangan hukum yang dilakukan oleh hakim dalam menjatuhkan putusan terdahap tindak pidana penyalahgunaan narkotika golongan I.

Penelitian ini termasuk kedalam peneltian hukum normatif dengan menggunakan sumber bahan hukum sekunder. Sumber bahan hukum sekunder terdiri dari bahan hukum primer dan sekunder. Bahan hukum primer yang Penulis gunakan adalah Putusan No. 1825/Pid.Sus/2019/Pn. Jkt Brt dan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Adapun bahan hukum sekunder yang Penulis gunakan berasal dari studi kepustakaan yang terdiri dari buku-buku teks, kamus-kamus hukum, jurnal-jurnal hukum, dan komentar-komentar atas putusan pengadilan. Teknik pengumpulan bahan yang Penulis gunakan adalah studi kepustakaan atau melalui bahan pustaka karena dalam penelitian ini Penulis menggunakan pendekatan undang-undang (statue approach) dan pendekatan kasus (case approach). Mengenai teknik analisis data, Penulis menggunakan metode interpretasi sistematis dan metode silogisme yang digunakan dengan analisis isi.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, Penulis memperoleh kesimpulan bahwa dakwaan yang dijatuhkan kepada Terdakwa Tan Fredy Wijaya bin Budianto Wijaya memuat unsur-unsur yang membutuhkan penafsiran lebih luas. Unsur tanpa hak atau melawan hukum memiliki, menyimpan, dan menguasai narkotika golongan I bukan tanaman jenis shabu mengandung makna yang multitafsir sehingga penegak hukum harus dapat memahami maknanya dengan penuh ketelitian. Dalam pertimbangan hukum yang dilakukan oleh hakim, Terdakwa Tan Fredy Wijaya bin Budianto Wijaya terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana tanpa hak atau melawan hukum memiliki, menyimpan, menguasai, dan menyediakan narkotika golongan I bukan tanaman jenis shabu sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Kata Kunci : tanpa hak, melawan hukum, memiliki, menyimpan, menguasai, narkotika, golongan I, pertimbangan hakim

 

×
Penulis Utama : Imam Fajri Nur Tsani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0017232
Tahun : 2021
Judul : Tinjauan Yuridis Terhadap Tindak Pidana yang Dilakukan Secara Melawan Hukum Memiliki, Menyimpan, dan Menguasai Narkotika Golongan I Bukan Tanaman Jenis Shabu (Studi Putusan No.1825/PID.SUS/2019/PN. JKT BRT)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2021
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Hukum-E0017232
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rehnalemken Ginting, S.H., M.H
Penguji : 1. Prof. Dr. Hartiwiningsih, S.H., M.Hum
2. Dr. Sulistyanta, S.H., M.Hum
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.