Penulis Utama : Aulia Nailul Muna
NIM / NIP : S041808001
×

Aulia Nailul Muna. 2021. Pengembangan Modul Pelatihan Mengasuh Anak Bagi Orang Tua Anak Tunagrahita Dalam Mengasuh di Kabupaten Kendal. Tesis. Pembimbing: Prof. Dr. Sunardi, M.Sc. Kopembimbing: Dr. Herry Widyastono, M. Pd. Program Studi Magister Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

ABSTRAK

Penelitian ini berdasarkan pada permasalahan orang tua anak tunagrahita di Kabupaten Kendal yang belum memiliki pemahaman dalam mengasuh anak tunagrahita dan belum adanya media untuk meningkatkan pemahaman dalam mengasuh anak tunagrahita. Tujuan dari penelitian ini untuk: 1) Mengetahui pemahaman awal orang tua dalam mengasuh anak tunagrahita dan kebutuhan modul pelatihan orang tua dalam mengasuh anak tunagrahita, 2) Menghasilkan modul pelatihan mengasuh anak bagi orang tua anak tunagrahita yang sesuai untuk dikembangkan dalam upaya meningkatkan pemahaman orang tua dalam mengasuh anak tunagrahita,  3) Mengetahui kelayakan (validitas) modul pelatihan orang tua untuk meningkatkan pemahaman dalam mengasuh anak tunagrahita.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini mengembangkan suatu bahan ajar berupa modul mengasuh anak yang mencakup 3 tahapan. Tahap pertama, tahapan kedua, tahapan ketiga

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pemahaman orang tua mengasuh anak tunagrahita masih rendah dan perlu ditingkatkan. Hal ini diperoleh dari hasil wawancara pada study pendahulaun, terdapat orang tua yang menganggap anak tunagrahita adalah suatu penyakit, orang tua merasa bingung bagaimana cara mengasuh yang tepat. Selain itu, orang tua juga membutuhkan refrensi yang dapat digunakan untuk menambah wawasan dan menemukan cara untuk mengasuh anak tunagrahita. 2) Pengembangan modul pelatihan mengasuh anak bagi orang tua anak tunagrahita dan validasi ahli dilakukan oleh beberapa pakar/ tenaga ahli yang meliputi empat aspek yaitu aspek materi, penyajian materi, bahasa dan kegrafikaan diperoleh hasil aspek materi dan penyajian materi oleh ahli 1 hasil yang diperoleh 75, dan ahli materi dan penyajian 2 diperoleh hasil 90, ahli kebahasaan diperoleh hasil 87,5 dan ahli kegrafikaan diperoleh hasil 95. Berdasarkan analisis kategorisasi, hasil penilaian ke empat validator tersebut berkategori sangat layak dan dapat digunakan  3) Pengujian Model modul mengasuh anak bagi orang tua anak tunagrahita telah divaliadasi oleh 6 praktisi diperoleh hasil memiliki rata-rata 83,75 dan berkualifikasi sangat layak. Berdasarkan analisis kategorisasi, hasil penilaian praktisi diperoleh kategori sangat layak dan dapat digunakan.  Sedangkan hasil uji skala terbatas diperoleh hasil bahwa produk yang dikembangkan mempunyai hasil penilaian produk yang dikembangkan pada uji coba lapangan dalam skala terbatas pada orang tua anak tunagrahita secara umum memiliki nilai rata-rata 84,9 dan berkualifikasi sangat layak. 

×
Penulis Utama : Aulia Nailul Muna
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S041808001
Tahun : 2021
Judul : Pengembangan Modul Pelatihan Orang Tua dalam Mengasuh Anak Tunagrahita di Kabupaten Kendal
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-2 Pendidikan Luar Biasa
Kolasi :
Sumber : .
Kata Kunci : Orang Tua, Modul Pelatihan Mengasuh Anak, Anak Tunagrahita
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sunardi, M.Sc
2. Dr. Herry Widyastono, M.Pd
Penguji : 1. Dr. Subagya, M.Si
2. Dr. Supriyadi, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.