Penulis Utama : Septiana Ningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3214044
Tahun : 2021
Judul : Pembelajaran Berkreasi Gerabah di Kampoeng Gerabah Dewi Pajang Pagerjurang Melikan Klaten
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K3214044
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) proses pembelajaran keterampilan gerabah, (2) faktor apakah yang menjadi pendukung dan penghambat dalam berkreasi gerabah, dan (3) visualisasi hasil karya dari pembelajaran berkreasi gerabah.
Penelitian dilaksanakan di Kampoeng Gerabah Dewi Pajang pada bulan Agustus-September 2018. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan meliputi Instruktur Kampoeng Gerabah Dewi Pajang, peserta didik, lokasi penelitian, dan tugas. Teknik pengambilan subyek penelitian ini adalah dengan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik uji validitas yang dipakai adalah triangulasi sumber dan review informan. Teknik analisis data adalah flow model analysis yang meliputi: periode pengumpulan data, reduksi data, display data dan kesimpulam/verivikasi.
Berdasarkan hasil penelitian proses pembelajaran yang terdapat pada Kampoeng Gerabah Dewi Pajang dapat dikatakan berhasil, karena menyangkut seluruh komponen pembelajaran yaitu tujuan, bahan pembelajaran, sumber belajar, metode, alat dan media telah terpenuhi dan terbukti pada hasil karya masing-masing peserta didik, yaitu sudah sesuai dengan apa yang menjadi ketertarikan awal peserta didik untuk melakukan pembelajaran dan membuat karya. Terdapat empat metode yang digunakan instruktur yaitu metode demonstrasi, ceramah, tanya jawab, dan penugasan. Media pembelajaran yang digunakan yaitu media audio-visual yang berupa video menggunakan TV dan pengeras suara. Evaluasi pembelajaran yang dilakukan instruktur yaitu menilai sikap peserta didik melalui pengamatan selama pembelajaran meliputi keaktifan dan ketepatan waktu. Faktor pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran gerabah yaitu pendidik dan lingkungan masyarakat. Faktor penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran gerabah antara lain peserta didik, fasilitas pembelajaran, alat dan bahan yang tersedia tetapi jumlahnya sangat minim, serta faktor cuaca pada saat musim penghujan kurang mendukung.

Kata kunci: gerabah, pembelajaran, kampoeng gerabah dewi pajang

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Slamet Supriyadi, M.Pd.
2. Nanang Yulianto, S.Pd., M.Ds
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP