Penulis Utama : Desi Rahmawati
NIM / NIP : K7515009
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pelaksanaan pelayanan administrasi di Subbagian Akademik FKIP UNS, 2) kendala yang dihadapi oleh Subbagian Akademik FKIP UNS dalam pelaksanaan pelayanan administrasi, dan 3) upaya dari kendala yang dihadapi oleh Subbagian Akademik FKIP UNS dalam melaksanakan pelayanan administrasi.
Jenis penelitian yang dilakukan ialah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling  dan teknik snowball sampling. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yaitu dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Subbagian Akademik FKIP UNS menyediakan layanan administrasi akademik, layanan administrasi penelitian dan layanan administrasi pengabdian masyarakat, prosedur pelayanan di Subbagian Akademik UNS dilakukan dengan mengacu pada Standar Operasional Prosedur (SOP) yang diterbitkan tanggal 3 Juni 2013 sesuai dengan ISO 9001 : 2008, waktu penyelesaian pelayanan tidak dapat dipastikan karena bergantung pada waktu selesainya pimpinan menandatangani berkas, Subbagian Akademik FKIP UNS menyediakan sarana dan prasarana pelayanan serta menggunakan peralatan teknologi informasi penunjang pelayanan seperti komputer, koneksi internet, printer, dan scanner, petugas pelaksana pelayanan berjumlah empat pegawai dengan jobdesk yang berbeda namun memerlukan kompetensi yang sama; 2) kendala yang dihadapi ialah terdapat prosedur pelayanan yang tidak sederhana dan berbelit-belit, sarana pelayanan kurang lengkap, terdapat petugas pelayanan yang kurang menguasai teknologi informasi, jumlah petugas pelayanan kurang; dan 3) upaya dalam mengatasi kendala yang dihadapi ialah menyederhanakan prosedur dengan mekanisme pelayanan secara daring,  melakukan pengadaan sarana pelayanan, memberikan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi petugas pelayanan, melakukan permintaan penambahan pegawai dan memanfaatkan mahasiswa magang.

Kata kunci:  pelayanan publik, pelayanan prima, penelitian kualitatif, studi kasus

 

×
Penulis Utama : Desi Rahmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7515009
Tahun : 2021
Judul : Pelaksanaan Pelayanan Administrasi di Subbagian Akademik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K7515009
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Tri Murwaningsih, M.Si.
2. Anton Subarno, S.Pd., M.Pd., Ph. D
Penguji : 1. Dr. Hery Sawiji, M.Pd.
2. Tutik Susilowati, S.Sos., M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.