Penulis Utama : Dewi Fatimah Anjarsari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0216027
Tahun : 2021
Judul : Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image, Terpaan Iklan, dan Lingkungan Sosial Terhadap Keputusan Berlangganan (Studi Pengaruh Antara Brand Ambassador, Brand Image, Terpaan Iklan, dan Lingkungan Sosial terhadap Keputusan Berlangganan Aplikasi Belajar Online Ruangguru pada Siswa Kelas XII di SMA Negeri 3 Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-D0216027
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Era digital ini, salah satu dampak yang berpengaruh adalah tren belajar online. Ruangguru merupakan salah satu aplikasi yang sampai pada saat ini menjadi aplikasi belajar online yang dipilih siswa dan menjadi aplikasi teknologi terbesar di Indonesia yang berfokus pada layanan pendidikan. Ruangguru menjadi fenomena menarik karena terpaan iklannya yang hampir menguasai stasiun televisi di Indonesia dengan mengusung beberapa nama besar selebriti sebagai brand ambassador yang turut mengangkat brand Ruangguru menjadi aplikasi belajar nomor satu di Indonesia.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya pengaruh dari brand ambassador, brand image, terpaan iklan, dan lingkungan sosial terhadap keputusan berlangganan aplikasi belajar online Ruangguru. Teori utama yang digunakan adalah teori S – O – R (Stimulus – Organism – Response).
Sampel penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 3 Surakarta kelas XII sejumlah 81 siswa dengan teknik probability sampling dan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda.
Dari hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linear berganda, yaitu Y = - 5.869 + 0.138X1 + 0.164X2 + 0.170X3 + 0.213X4 + e. Berdasarkan persamaan tersebut dapat diurakaian bahwa masing-masing variabel independen berpengaruh terhadap keputusan berlangganan dengan koefisien variabel brand ambassador sebesar 0.138, brand image sebesar 0.164, terpaan iklan sebesar 0.170, dan lingkungan sosial sebesar 0.213.
Brand ambassador, brand image, terpaan iklan, dan lingkungan sosial secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berlangganan aplikasi belajar online Ruangguru pada siswa kelas XII di SMA Negeri 3 Surakarta dengan nilai Fhitung > Ftabel, yaitu 117.522 > 2.02 pada taraf signifikansi 5%.

Kata Kunci: Brand Ambassador, Brand Image, Terpaan Iklan, Lingkungan Sosial, Keputusan Berlangganan

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Christina Tri Hendriyani, M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP