Penulis Utama : Dias Esaliana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0217022
Tahun : 2021
Judul : Eksistensi Subjek Perempuan dalam Novel Cantik Itu Luka (2002) Karya Eka Kurniawan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2021
Kolasi :
Sumber : .
Subyek :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Dias Esaliana. B0217022. 2021. Eksistensi Subjek Perempuan dalam Novel Cantik Itu Luka (2002) Karya Eka Kurniawan. Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sebelas Maret.

Penelitian ini mengkaji tentang bentuk-bentuk eksistensi subjek perempuan dalam novel Cantik itu Luka (2002) karya Eka Kurniawan dengan menggunakan pendekatan feminis eksistensialis Simone de Beauvoir. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini meliputi bagaimana subordinasi subjek perempuan dalam novel Cantik itu Luka (2002) melalui representasi feminitas dan bagaimana pemenuhan transendensi subjek perempuan pada novel Cantik itu Luka (2002).

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui subordinasi subjek perempuan dalam novel Cantik itu Luka melalui representasi feminitas dan pemenuhan transendensi subjek perempuan pada novel Cantik itu Luka.

Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan objek material yaitu novel Cantik itu Luka (2002) karya Eka Kurniawan dan objek formal adalah bentuk-bentuk eksistensi subjek perempuan dalam novel Cantik itu Luka (2002). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pembacaan dan mencatat informasi penting yang terdapat dalam novel Cantik itu Luka (2002) beserta data-data sekunder yang berupa konteks sosial ketika teks itu diciptakan, gender dan wacana kolonial pada masa kehadiran teks dalam buku, jurnal ilmiah dan sumber informasi lainnya yang berkaitan melalui pendekatan feminisme eksistensialis.

Hasil penelitian adalah bentuk-bentuk subordinasi subjek perempuan dalam novel Cantik itu Luka (2002) melalui representasi tokoh Dewi Ayu sebagai pelacur, penggambaran tokoh perempuan yang rentan akan pelecehan seksual, kecantikan yang dianggap sebagai musibah, dan maskulinitas rapuh yang ada pada novel Cantik itu Luka (2002). Pada bab selanjutnya, penelitian ini juga membahas mengenai pemenuhan transendensi subjek perempuan pada novel Cantik itu Luka (2002) melalui analisis terhadap citra pelacur yang digambarkan sebagai wanita yang berkelas oleh tokoh Dewi Ayu, pengaburan nilai buruk terhadap citra kehamilan ibu tunggal dalam masyarakat, otoritas ketubuhan perempuan pada tokoh-tokoh dalam novel Cantik itu Luka (2002) serta peruntuhan nilai-nilai maskulinitas rapuh melalui penggambaran citra tokoh Dewi Ayu. Penelitian ini juga membahas tentang hubungan karya sastra dan pengarang serta subjektivitas perempuan dalam novel Cantik itu luka (2002) melalui representasi bahasa.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
bab1.pdf
bab2.pdf
bab3.pdf
bab4.pdf
bab5.pdf
dapus.pdf
halam cover.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Albertus Prasojo, M.Sn
Catatan Umum : tidak ada lampiran yang tersedia untuk skripsi ini.
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya