Penulis Utama : Fitri Choirul Muttaqin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4316032
Tahun : 2021
Judul : Pengaruh E-Learning Berbasis Google Classroom Terhadap Keterampilan Komunikasi Tertulis Siswa Kelas X MIPA 5 SMA Negeri Kebakkramat Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K4316032
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Keterampilan komunikasi adalah salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh siswa pada abad 4.0. Keterampilan komunikasi terbagi menjadi menjadi beberapa jenis, salah satunya adalah keterampilan komunikasi tertulis. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di salah satu SMA Negeri di Karanganyar, Jawa Tengah,  Indonesia,  keterampilan  komunikasi  tulisan  siswa masih rendah akibat kurang tepatnya metode yang digunakan guru dalam membelajarkan biologi. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan juga menuntut guru dan siswa untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan metode pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan keterampilan komunikasi tulisan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh e-learning berbasis google classroom terhadap keterampilan komunikasi tertulis siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian adalah pre-experiment design yang berbentuk one group pretest- postest. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas X MIPA 5 berjumlah 34 siswa yang terdiri dari 8 siswa dan 26 siswi dengan kemampuan homogen. Keterampilan komunikasi tertulis siswa diukur menggunakan instrumen penilaian keterampilan komunikasi tertulis yang dikembangkan oleh Sonseca et al. (2015) dengan 10 indikator. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan homogenitas, sedangkan uji hipotesis menggunakan analisis paired sampel t-test dan n-gain.
Hasil penelitian menunjukkan nilai korelasi antar indikator pada instrumen berada di antara 0,388 hingga 0,567 yang artinya semua indikator yang digunakan dalam instrumen penelitian valid. Nilai cronbach’s alpha menunjukkan 0,625 yang artinya instrumen penelitian bersifat reliabel. Rata-rata skor pretest menunjukkan
1.30 dan rata-rata skor posttest menunjukkan 2.85. Hasil paired sampel t-test
menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan hasil n-gain test menunjukkan
0,41. Berdasarkan hasil uji yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh e-learning berbasis google classroom terhadap keterampilan komunikasi tertulis siswa.

Kata Kunci: e-learning, google classroom, n-gain, komunikasi tertulis.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Harlita, S.Si., M.Si
2. Dr. Bowo Sugiharto, S.Pd., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP