Penulis Utama : Ahmad Multazam
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0415006
Tahun : 2021
Judul : Pengaruh TKI Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Desa Kemiri Kabupaten Ponorogo Tahun 2000 – 2009
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2021
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Ahmad Multazam. B0415006. 2021. Pengaruh TKI Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Desa Kemiri Kabupaten Ponorogo Tahun 2000-2009. Skripsi: Program Studi Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) keadaan sosial masyarakat Desa Kemiri Kabupaten Ponorogo, (2) sebab terjadinya perubahan sosial masyarakat Desa Kemiri pada tahun 2000-2009, (3) proses terjadinya perubahan sosial masyarakat Desa Kemiri pada tahun 2000-2009.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yang meliputi Heuristik, Kritik sumber, Interpretasi, dan Historiografi. Adapun data penelitian ini didapatkan dari arsip laporan kependudukan pemerintah Kabupaten Ponorogo dan sumber lisan dari penduduk Desa Kemiri.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa penduduk Desa Kemiri pada dasarnya menggantungkan perekonomian mereka dari sektor pertanian. Hampir seluruh penduduk disana bekerja sebagai petani dengan sawah dan ladang milik sendiri, serta buruh tani untuk orang lain. Hingga pada akhirnya penduduk Desa Kemiri membuka diri untuk menjadi TKI. TKI mulai menjadi pekerjaan yang lumrah dilakukan layaknya bertani. Fenomena ini berawal dari beberapa warga yang menjadi TKI pada akhir tahun 90-an, dan ketertarikan untuk menjadi TKI semakin meningkat setiap tahunnya.

Kesimpulan penelitian ini menunjukkan adanya perubahan yang terjadi pada kehidupan sosial penduduk Desa Kemiri. Perubahan ini adalah dampak dari banyaknya penduduk Desa Kemiri yang beralih pekerjaan menjadi TKI. Perubahan sosial yang terjadi bukan hanya pada strata sosial saja, namun sampai pada kegiatan kolektif yang telah ditradisikan oleh penduduk Desa Kemiri secara turun-temurun.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB-I.pdf
BAB-II.pdf
BAB-III.pdf
BAB-IV.pdf
BAB-V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Susanto, M.Hum.
2. Umi Yuliati, S.S, M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya