Penulis Utama : Rizqi Abdur Razzaq
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0416051
Tahun : 2022
Judul : Klub Basket Bhinneka Solo Tahun 1997-2008
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Rizqi Abdur Razzaq. B0416051. Klub Basket Bhinneka Solo Tahun 1997-2008. Program Studi Ilmu Sejarah, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) latar belakang Klub Basket Bhinneka terbentuk, (2) dinamika Klub Basket Bhinneka tahun 1997-2008, (3) Bagaimana Kemunduran Klub Basket Bhinneka 

 Sesuai dengan tujuan penelitian ini, maka metode yang digunakan adalah penelitian sejarah, yang meliputi langkah Heuristik, Kritik Sumber (Kritik Intern dan Kritik Ekstern), Intepretasi data dan tahap terakhir yaitu Historiografi. Sumber penelitian ini didapatkan dari dokumen berupa foto dari Monumen pers Solo, Solopos, Sekretariat Perbasi Solo, dan Sekretariat KONI Solo, Wawancara dengan Sukamto, Sandy Salomo, Sumartono Hadinoto. Sumber lainnya berupa buku-buku dan Surat Kabar sejaman.

Berdasarkan analisis dari berbagai sumber yang telah didapatkan bahwa perkembangan olahraga basket di Indonesia sudah ada sejak abad-19. Banyak klub basket lahir salah satunya adalah Klub Basket Bhinneka Solo. Berawal dari perkumpulan pedagang di Pasar Klewer yang hobi bermain basket dan dalam perkembangannya berubah menjadi klub basket profesional. Karir  Bhinneka dimulai ketika mengikuti Kobatama musim 1997 dan berlanjut hingga IBL (Indonesia Basketball League) musim 2008. Krisis finansial pada akhir 2008 membuat pemilik Klub Basket Bhinneka memutuskan untuk menggabungkan Klub Basket Bhinneka dengan klub asal Jakarta. Puncak dari keberhasilan Klub Basket Bhinneka adalah ketika berhasil menjuarai Turnamen Kobatama musim 1999.

Kesimpulan penelitian ini menunjukan bahwa Klub Basket Bhinneka merupakan sebuah perkumpulan basket di Kota Solo dan berubah menjadi klub basket professional. Dalam perkembangannya Klub Basket Bhinneka memiliki peranan yang penting dalam perkembangan olahraga basket di Surakarta melalui prestasi-prestasi yang membanggakan dalam tingkat nasional sehingga mendorong lahirnya klub-klub amatir di Kota Solo

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
halaman cover.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lampiran.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Sawitri Pri Prabawati, M.Pd.
2. Drs. Tundjung Wahadi Sutirto, M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya