Penulis Utama : Ayu Altsani Andayani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0916016
Tahun : 2021
Judul : Perancangan Makrame Dengan Menggunakan Serat Goni Untuk Partisi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Seni Rupa dan Desain - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Seni Rupa dan Desain-C0916016
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Latar belakang perancangan ini membuat produk dekorasi yang sesuai dengan ruang sehingga dapat mewujudkan suasana yang berbeda dan berkarakter yaitu partisi dengan motif bunga mawar dan bunga melati dengan teknik makrame. Bahan yang dipakai yaitu serat jute (goni) yang memiliki ke elastisan bahan sehingga mudah dibuat berbagai bentuk motif menggunakan teknik makrame.
Permasalahan pada perancangan ini adalah bagaimana bentuk eksplorasi motif, strategi perancangan dan visualisasi produk partisi dengan menggunakan teknik makrame, fokus utama pada eksplorasi ini adalah bagaimana menghasilkan produk yang memiliki nilai estetika serta nilai jual tinggi dengan bahan serat alam.
Metode perancangan melewati tahap Analisis permasalahan, Strategi pemecahan masalah, Pengumpulan data, Uji coba, dan menentukan Gagasan awal perancangan. Konsep perancangan meliputi landasan pemikiran untuk perancangan desain tugas akhir. Visualisasi yakni tahap memvisualkan konsep rencana perancangan yang sudah ditulis dalam proses perancangan. Hasil dari eskplorasi ini mampu menghasilkan produk dengan material serat jute, dan menghasilkan tekstur dari teknik makrame dengan motif bunga mawar dan bunga melati, hal tersebut dapat membuka potensi untuk mengembangkan pengolahan baku serat jute dengan teknik makrame yang diaplikasikan ke produk tekstil interior yaitu partisi.

Kata Kunci : partisi, serat jute (goni), makrame.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ratna Endah, S.Sn., M.Sn.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Seni Rupa dan Desain