Penulis Utama : Ayu Haryanti
NIM / NIP : S811908005
×

ABSTRAK

 

Ayu Haryanti. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Gerak Dasar Lari Jarak Pendek Pada Pembelajaran Penjasorkes Di SD Muhammadiyah Program Khusus Baturan Kecamatan Colomadu Kabupaten Karanganyar Tahun 2020/2021. Tesis, Pembimbing : Prof. Dr. Munawir Yusuf, M.Psi. Kopembimbing : Prof. Dr. Leo Agung S, M.Pd. Program Studi Magister Teknologi Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan mengembangankan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran penjasorkes materi gerak dasar lari jarak pendek di SD Muhammadiyah Program Khusus Batuaran. Media pembelajaran ini dibuat dengan mengkombinasikan rangkuman materi, video gerak dasar, audio, dan diakhiri dengan evaluasi.

Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (RnD). penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Program Khusus Baturan . Obyek penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis android berbentuk aplikasi pembelajaran penjasorkes materi gerak dasar lari jarak pendek. Tahap penelitian ini meliputi 3 tahap ,  yaitu studi pendahuluan, pengembangan model, dan pengujian model. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan angket yang dianalisis secara deskriptif. Subjek penelitian ini merupakan peserta didik kelas IV di SD Muhammadiyah Program Khusus Baturan.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) penggunaan media pembelajaran jarak jauh yang digunakan di SD Muhammadiyah Program Khusus Baturan cenderung memanfaatkan video, dan soal yang tersedia di modul. ; 2) pengembangan media pembelajaran berbasis android dapat memudahkan peserta didik, dan dapat digunakan kapan saja, dimana saja dalam membantu memaksimalkan proses belajar untuk peserta didik di SD Muhammadiyah Program Khusus Baturan ; dan 3) produk media pembelajaran berbasis android yang telah dikembangkan dan divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi dengan nilai rata-rata ahli materi 4,76 ; ahli media 4,52 ; dan praktisi 4,4 dari skala 5,0 untuk mata pelajaran penjasorkes di SD Muhammadiyah Program Khusus Baturan telah dinyatakan layak.

×
Penulis Utama : Ayu Haryanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S811908005
Tahun : 2022
Judul : Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android untuk Meningkatkan Gerak Dasar Lari Jarak Pendek pada Pembelajaran Penjasorkes di SD Muhammadiyah Program Khusus Baturan Tahun Ajaran 2020/2021
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2022
Program Studi : S-2 Teknologi Pendidikan
Kolasi :
Sumber : .
Kata Kunci : Penjasorkes, Media, Android, Covid-19.
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr.Munawir Yusuf, M.Psi
2. Prof. Dr. Leo Agung S, M.Pd
Penguji : 1. Dr. Triana Rejekiningsih
2. Dr. Sri Sumaryati, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.