Penulis Utama : Teodorikus Hanpalam
NIM / NIP : S862002016
×

Penelitian ini bertujuan untuk: (1). Untuk mengetahui pemahanan guru sejarah dan peserta didik terhadap multikulturalisme Indonesia dalam pembelajaran Sejarah di kelas X IPS SMA Negeri 1 Kartasura. (2). Mengetahui perencanaan multikulturalisme terintegrasi dalam pembelajaran sejarah di kelas X IPS SMA Negeri 1 Kartasura. (3). Mengetahui pelaksanaan multikulturalisme terintegrasi dalam pembelajaran sejarah di kelas X IPS SMA Negeri 1 Kartasura. (4). Mengetahui kendala dan upaya multikulturalisme terintegrasi dalam pembelajaran sejarah di kelas X IPS SMA Negeri 1 Kartasura.

Penelitian ini dilakukan di kelas X IPS SMA Negeri 1 Kartasura. Metode Penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif bentuk penelitian deskriptif analisis dengan strategi penelitian studi kasus tunggal. Sumber data dalam penelitian ini adalah informan, tempat/lokasi dan peristiwa, serta dokumen dan arsip. Teknik cuplikan (sampling) yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling dan Time Sampling. Teknik validitas data dilakukan dengan trianggulasi data/sumber dan trianggulasi metode. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah analisis interaktif. Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah. Subjek penelitian adalah guru sejarah dan peserta didik kelas X IPS SMA Negeri 1 Kartasura.

Hasil Penelitian; (1) Guru sejarah dan peserta didik memahami arti penting multikulturalisme Indonesia secara praktis dan berkomitmen merawat nilai-nilai kearifan lokal demi keutuhan bangsa. (2) Dalam perencanaan pembelajaran, guru sejarah tetap berpedoman pada kurikulum 2013 yang memuat silabus, RPP serta mempersiapkan perangkat pembelajaran berupa media dan metode pembelajaran terkait integrasi multikulturalisme dalam pembelajaran sejarah. (3). Dalam pelaksanaannya guru sejarah berupaya untuk menggunakan metode pembelajaran yang disesuaikan dengan tema pembelajaran, media pembelajaran juga disesuaikan dengan tema pembelajaran agar tujuan pembelajaran sejarah dapat maksimal terkait integrasi multikulturalisme dalam pembelajaran sejarah. (4). (a). Kendala yang ditemukan terkait integrasi multikulturalisme dalam pembelajaran sejarah adalah alokasi waktu yang terbatas, sumber belajar internet yang perlu verifikasi, fasilitas penunjang yang belum memadai, serta sikap peserta didik yang sulit dikontrol terutama saat pembelajaran daring berlangsung. Berdasarkan pengalaman guru dan peserta didik dalam pembelajaran tatap muka masih adanya sikap peserta didik yang mengolok-olok atau tindakan bullying sesama temannya yang berbeda latar belakang. (b). Dalam upaya untuk menghadapi kendala tersebut guru berusaha memaksimalkan alokasi waktu, sumber belajar, fasilitas penunjang serta memperhatikan sikap peserta didik agar tetap disiplin dan mengikuti pembelajaran dan tidak menyinggung SARA.

 

×
Penulis Utama : Teodorikus Hanpalam
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S862002016
Tahun : 2022
Judul : Afirmasi Multikuturalisme Indonesia dalam Pembelajaran Sejarah di Kelas X IPS SMA Negeri 1 Kartasura
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-2 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : .
Kata Kunci : Multikulturalisme Indonesia, Pendidikan, Pembelajaran Sejarah
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Leo Agung S, M.Pd.
2. Dr. Triana Rejekiningsih, M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Akhmad Arif Musadad, M.Pd.
2. Dr. Hieronymus Purwanta, M.A.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.